Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli !

Hai guys, berjumpa lagi dengan Sumberpengertian.com yang akan mengulas tentang Pengertian Organisasi. Apa itu definisi Organisasi, Ciri-ciri organisasi beserta tujuannya? Yuk simak bersama-sama tentang penjelasannya.

Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi Secara Umum

Organisasi merupakan perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang untuk bekerjasama, terkendali dan terpimpin untuk tujuan tertentu.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian organisasi menurut para ahli, yakni :

– Stoner

Pengertian organisasi menurut Stoner adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

– James D. Mooney

Organisasi berdasarkan pendapat James D. Mooney adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

– Chester I. Bernard

Organisasi menurut Chester I. Bernard adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

– Philip Selznick

Organisasi berdasarkan pendapat Philip Selznick merupakan peraturan personil guna mempermudah pencapaian beberapa tujuan yang telah ditetapkan melalui alokasi fungsi dan tanggung jawab.

– Thompson

Thompson mengartikan organisasi sebagai sebuah integrasi anggota angota spesial yang sangat rasional dan impersonal (adil) yang bekerja sama (kooperasi) untuk mencapai tujuan tujuan spesifik yang telah diumumkan.

– Robbins (1996)

Organisasi merupakan entitas sosial yang terkoordinasi secara sadar dengan batas batas yang dapat diidentifikasi yang berfungsi untuk mencapai tujuan tujuan yang relatif berlanjut ataupun seperangkat tujuan.

Bentuk Organisasi

Organisasi juga terbagi ke dalam beberapa bentuk diantaranya :

  • Organisasi politik
  • Organisasi negara
  • Organisasi sosial
  • Organisasi olahraga
  • Organisasi mahasiswa
  • Organisasi sekolah

Baca Juga : Pengertian Hubungan Sosial | Syarat, Ciri-Ciri, Faktor dan Dampaknya !

Tujuan Organisasi

Organisasi memiliki tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan kategori dan bidang yang ada didalamnya. Masing-masing tujuan tersebut biasanya tercantum dalam Visi dan Misi yang diusungnya. Namun secara umum tujuan dibentuknya organisasi adalah menuju kepada hal-hal baik dan sifatnya membawa manfaat.

Ciri-ciri Organisasi

Karakteristik dan ciri-ciri dari Organisasi dapat dilihat dari beberapa hal dibawah ini :

1. Kumpulan manusia

Organisasi sudah tentu terdiri dari kumpulan manusia yang mengemban tugas yang sama guna mewujudkan tujuan bersama. Ini menjadi ciri utama dari sebuah organisasi

2. Tujuan bersama

Tujuan bersama merupakan salah satu ciri dari organisasi yang harus ada. Tujuan ini akan membentuk suatu kerjasama yang kokoh dalam

3. Kerja sama

Karena memiliki tujuan yang sama tentunya organisasi ini akan menciptakan kerjasama yang baik sebagai sebuah aggota dalam tim.

4. Peraturan

Aturan menjadi salah satu ciri yang formal bagi sebuah organisasi. Peraturan ini sangat penting guna memberikan batasan-batasan dan memberikan tujuan yang jelas dari sebuah organisasi

5. Pembagian tugas

Dalam organisasi setiap orang diberikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan masing-masing anggota. Ini dimaksudkan agar seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuannya.

Baca Juga : Pengertian Tekanan | Jenis-Jenis dan Contoh Soalnya !

Demikian penjelasan tentang Organisasi yang telah kami rangkum khusus untuk sobat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Simak terus informasi penting lainya hanya di Sumberpengertian.id 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *