Pengertian Rekonsiliasi Menurut Para Ahli ! (TERLENGKAP)

Posted on

Pengertian Rekonsiliasi Menurut Para Ahli – Sobat, pernahkah kalian mendengar istilah rekonsiliasi? Istilah rekonsiliasi ini kerap kali digunakan dalam sistem perbankan. Apa hubungan rekonsiliasi dengan Bank ? Yuk simak penjelasan para ahli mengenai hal ini.

Pengertian Rekonsiliasi Secara Umum

Pengertian Rekonsiliasi Menurut Para Ahli

Pengertian Rekonsiliasi adalah sebuah prosedur pengendalian terhadap kas negara yang disambungkan dengan membandingkan catatan akuntansi kas perusahaan dengan catatan yang lainnya yang menjadi bagian dari sebuah laporan dan juga menjadi sebuah kesinambungan akan catatan yang satu dengan yang lainnya.

Catatan kas bank dan juga perusahaan akan menjadi sebuah dua media yang harus disamakan. Jika ada satu file yang kosong, maka yang lainnya yang akan dianggap benar tanpa ada pertimbangan lagi.

Pengertian Rekonsiliasi Menurut KBBI

Menurut KBBI Rekonsiliasi adalah :

  1. perbuatan memulihkan hubungan persahabatan pada keadaan semula; perbuatan menyelesaikan perbedaan;
  2. penetapan pos-pos yang diperlukan untuk mencocokkan saldo masing-masing dari dua akun atau lebih yang mempunyai hubungan satu dengan lain;
  3. ikhtisar yang memuat rincian perbedaan antara dua akun atau lebih

Pengertian Rekonsiliasi Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui definisi rekonsiliasi secara umum dan menurut KBBI mari kita simak pendapat ahli tentang hal tersebut.

Wibowo dan Abubakar Arif (2000:118)

Definisi Rekonsiliasi bank menurut Wibowo dan Abubakar Arif adalah suatu laporan yang berisi saldo kas menurut perusahaan dengan saldo kas menurut bank disertai dengan penyebab perbedaan keduanya.

Haryono Jusup (2005:21)

Selanjutnya menurut Haryono Jusup definisi Rekonsiliasi bank adalah proses untuk mengetahui sebab-sebab terjadinya perbedaan antara catatan perusahaan dengan laporan bank dan menentukan jumlah saldo rekening giro yang sesungguhnya pada suatu saat tertentu.

Soemarsono S.R (2004:304)

Definisi Rekonsiliasi bank adalah apabila semua penerimaan uang langsung disetorkan dan semua pembayaran dilakukan dengan cek, maka akun kas perusahaan akan sama dengan akun yang dimiliki bank.

Munandar (2006:40)

Munandar menyatakan bahwa Rekonsiliasi bank adalah kewajiban yang dilakukan perusahaan dalam mencara sebab-sebab ketidaksamaan antara saldo simpanan menurut laporan catatan bank dengan saldo yang dimiliki perusahaan.

Donald F. Kiso (2013:63)

Definisi Rekonsiliasi bank menurut Donald F adalah suatu skedul informasi yang menjelaskan setiap perbedaan antara catatan bank dan catatan kas nasabah. Jika perbedaaan tersebut hanya berasal dari transaksi yang belum dicatat oleh pihak bank ataupun dari pihak perusahaan.

Baca juga :

Demikian informasi tentang pengertian rekonsiliasi menurut para ahli. Semoga artikel ini bermanfaat bagi penulis dan juga pembaca. Simak terus Sumberpengertian.id karena kami akan membagikan artikel penting esok hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *