Hewan Melata – Pengertian, Ciri dan Contohnya

Posted on

Hewan Melata – hallo guys, pada pertemuan ini mimin akan mengulas tentang hewan melata, mulai dari definisi, ciri-ciri hingga contohnya. Untuk kalian yang tertarik dan ingin menambah pengetahuan tentang jenis hewan tersebut silahkan simak dengan baik artikel berikut ini.

Hewan Melata

Pengertian Hewan Melata

Hewan Melata atau Reptil merupakan kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) berdarah dingin dan tubuhnya ditutupi sisik. Kelompok hewan ini hidup diseluruh benua di dunia, kecuali di Antartika.

Mayoritas hewan melata berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar), meski ada beberapa spesies berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar).

Menurut beberapa ahli, hewan melata mampu hidup di semua habitat. Baik tempat yang keringa gersang, kering dengan sedikit air hingga hidup di dua alam.

Untuk kalian yang ingin membaca artikel tentang hewan yang lengkap silahkan kunjungi HewanPedia.co

Ciri-ciri Hewan Melata

Berikut ini ciri-ciri dari hewan melata atau reptil :

  • Mampu hidup di tempat kering hingga gersang seta hidup di dua alam.
  • Memiliki sisik yang menutupi tubuhnya.
  • Tergolong hewan berdarah dingin.
  • Mayoritas hewan melata berkembang biak secara bertelur dan sebagian kecil bereproduksi secara Vivipar atau Ovovivipar.
  • Berjalan dengan cara merayap (melata).
  • Memiliki perangkat sensorik seperti mata, hidung dan telinga.
  • Secara umum memiliki umur yang panjang.

Contoh Hewan Melata

Berikut ini beberapa contoh hewan melata :

1. Ular

Ular

Ular merupakan salah satu jenis hewan melata atau reptil yang populer. Seluruh tubuhnya dipenuhi oleh sisik. Meski ia tidak memiliki kaki, tapi ular mampu berjalan dengan cepat. Ada banyak jenis ular yang bisa kita jumpai di Indonesia. Mereka memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri, ada yang berbisa (beracun) dan ada pula yang tidak berbisa.

2. Komodo

Komodo
Sumber : pemburuombak.com

Komodo merupakan spesies kadal besar. Hewan ini terkenal sebagai hewan purbakala yang masih hidup hingga saat ini. Seperti yang terlihat digambar, komodo adalah hewan melata berkaki empat (Tetrapoda).

Loading...

3. Kura-Kura

Kura-Kura

Kura-kura merupakan hewan reptil atau hewan melata yang bersisik dan berkaki empat. Hewan ini mudah dikenali karena memiliki rumah atau batok tempurung diatas tubuhnya. Batok tersebut sangat keras dan sebagai pelindung apabila ia diserang hewan lain.

4. Buaya

Buaya

Buaya merupakan jenis hewan melata bertubuh besar yang hidup di air. Berbeda dengan jenis reptil lain, buaya memiliki memiliki jantung beruang empat, sekat rongga badan (diafragma) dan cerebral cortex.

Tubuh buaya tersusun dari otot dan tulang yang sangat kuat, bahkan rahanganya yang besar memiliki daya daya gigit yang sangat kuat dan termasuk dalam hewan dengan gigitan terkuat yaitu tak kurang dari 5.000 psi.

5. Kadal

Kadal

Kadal atau bengkarung merupakan kelompok hewan melata berisik dan berkaki empat. Hewan ini tersebar luas ke berbagai negara di dunia ini.

Secara umum kadal atau bengkarung ini mecakup kelompok cecak, cecak terbang, tokek, biawak, bunglon, iguana, dan lain-lain. Sedangkan secara sempit kadal merujuk pada hewan kecil bertubuh padat, bersisik licin dan berkilau, serta hidup di tanah.

Demikianlah sedikit ulasan tentang pengertian hewan melata, ciri hewan melata dan contoh hewan melata yang bisa saya sampaikan. Semoga informasi yang sedikit tersebut dapat bermanfaat untuk saya dan pemirsa semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *