Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman

Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman – Bahasa pemrograman sering disebut bahasa yang sulit karena bahasa tersebut harus mengandalakan pemahaman yang lebih mendalam, selain itu juga bahasa pemrograman banyak sekali jenisnya sehingga untuk bisa menguasai semua pasti membuatuhkan waktu yang tidak sebentar.

Banyak jurusan yang sudah belajar bahasa pemrograman mulai dari jenjang Sekolah Menengah Kejuruan yaitu Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Komunikasi dan Jaringan dan jenjang atas yaitu perkuliahan yang biasanya terdapat di jurusan Teknik Infromatika atau Sistem infromasi.

Sebelum masuk ke pembahasan apa manfaat dari belajar bahasa pemrograman, mari membahas dari dasar terlebih dahulu seperti apa itu pemrograman ?

Pemrograman adalah proses mengerjakan atau menulis, menguji, dan memperbaiki atau memelihara suatu program komputer. Selain itu biasanya juga diartikan dengan membuat suatu program atas dasar keinginan sendiri dari si pemrogram atau pesanan dari client.

Setelah mengetahui apa itu pemrograman, mari membahas inti dari artikel ini dibuat yaitu apa saja manfaat belajar bahasa pemrograman.

Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman

Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman

Sama dengan bahasa-bahasa yang ada saat ini seperti bahasa Inggris, Indonesia, Jepang atau Korea ketika kita mempelajarinya pasti memiliki manfaat yang akan didapat seperti bisa menjadi translator mungkin dan masih banyak lainnya.

Belajar bahasa program juga pastinya memiliki manfaat-manfaat yang berguna untuk digunakan kedepannya, berikut ini manfaat jika anda menguasai bahasa pemograman :

1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logika

Pemrograman sangat mengandalkan kemampuan berpikir secara logika maupun secara pemahanan yang harus kuat, karena seorang programer pastinya dituntut untuk menyelesaikan suatu masalah yang bisa dibilang akan rumit namun akan cepat selsai apabila mengetahui segi kesalahannya atau bisa dibilang dengan bug yang terjadi di program yang nantinya di buat ataupun di perbaiki.

2. Meningkatkan Kreativitas

Belajar pemrograman juga sangat melatih Kreativitas karena biasanya diawal kita harus mendesain suatu tampilan yang setelah itu kita buat programmnya. Desain yang sering dibuat oleh para programmer adalah desain website ataupun tampilan aplikasi.

Desain-desain tersebut pastinya akan meningkatkan kemampuan kreativitas yang ada dalam diri karena harus membuat website atau aplikasi yang mudah dipahami semua kalangan dan biasanya yang mudah dipahami adalah yang memiliki tampilan yang simple.

3. Lebih Teliti dan Detail

Manfaat Belajar pemrograman yang ketiga adalah lebih teliti dan juga menjadi lebih detail terhadap suatu hal. Biasanya ketika sedang membuat sebuah program dengan coding pastinya memerlukan sebuah ketelitian agar tidak ada code yang salah disuatu baris.

Apabila tidak terlalu teliti dan ada code yang salah atau kurang akan mengakibatkan error yang mungkin akan menyulitkan untuk mencari satu per satu apa yang membuat program tersebut error.

Semakin sering membuat sebuah program pastinya nanti akan menjadi lebih terbiasa dan pastinya akan lebih teliti lagi ketika mengetik sebuah code untuk program.

4. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Biasanya programmer profesional lebih cepat menyelesaikan masalah yang ia sedang hadapi dibanding dengan junior. Dengan mempelajari Programmer diajarkan cara menyelesaikan masalah dengan logika maupun kreativitas.

Dengan menjadi Programer juga kita akan diajari atau dilatih bagaimana menyelesaikan sebuah masalah yaitu bagaimana sebuah program berjalan dengan yang diingikan dan bagaimana orang yang tidak ikut membuat program menjadi paham akan jalannya program tersebut.

5. Menghasilkan Uang

Sudah banyak yang mengetahui bahwa gaji dari seorang proggrammer sangatlah besar bahkan di perusahaan besar bisa menggaji mereka hingga puluhan juta rupiah perbulannya yang membuatnya menjadi pekerjaan idaman.

Selain itu juga programer banyak yang menjadi Freelancer yaitu orang yang membuat sesuai pesanan dari Client biasanya ini dibayarnya setiap program yang selesai dibuat sehingga bisa berpenghasilan yang cukup besar juga tidak kalah dengan yang sudah di perusahaan.

Itulah manfaat-manfaat yang akan didapatkan apabila belajar bahasa pemrograman, namun pastinya ada yang bingung karena bahasa pemrograman begitu banyak didunia ini, maka kami akan memberitahu beberapa bahasa pemrograman yang populer menurut Niagahoster.co.id.

  1. Java
    Java merupakan bahasa pemrograman yang sekarang ini cukup populer bahkan paling banyak pemakainya karena dengan menggunakan bahasa pemrograman ini developer bisa memberikan usaha secara maksimal tanpa ada halangan.
  2. Bahasa C
    Bahasa C ini cukup terkenal yang awal munculnya sekitar tahun 70an biasanya bahasa pemrograman ini digunakan dan diajarkan di perguruan tinggi maupun SMK(rekayasa perangkat lunak) dan juga tempat kursus pemrograman karena bahasa C meupakan bahasa dasar.
  3. PHP
    PHP merupakans ingkatan dari Hypertext Pre-Processor yang merupakan sebuah bahasa pemrograman yang cukup terkenal di Indonesia karena cukup banyak pemakai bahasa pemrograman ini.
    Yang menyebabkan bahasa pemrograman ini terkenal dan banyak pemakainya di Indonesia karena bahasa ini dapat digunakan secara gratis dan dapat digunakan untuk membuat website dinamis.
  4. Phyton
    Bahasa pemrograman Phyton adalah sebuah bahasa tingkat tinggi namun sedikit mudah dipahami oleh pemula, karena bahasa ini tidak terlalu rumit untuk di pencodingannya atau syntaxnya.

Oh iya, Niagahoster merupakan provider penyedia layanan web hosting terpercaya di Indonesia. Selain itu, mereka juga menyediakan berbagai artikel menarik, termasuk tentang bahasa pemrograman tersebut.

Sekian mengenai menfaat belajar bahasa pemrograman, semoga apa yang sudah kami sampaikan bermanfaat, sampai jumpa dalam artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.