Pengertian Kebudayaan, Unsur-unsur, Wujud dan Komponenya !

Selamat berakhir pekan sobat, pagi ini mimin akan mengulas tentang Pengertian Kebudayaan serta apa saja unsur-unsur dalam kebudayaan dan apa saja yang menghambat perkembangan budaya.

Pengertian Kebudayaan, Unsur-unsur, Wujud dan Komponen Kebudayaan !

Pengertian Kebudayaan

Pengertian budaya atau kebudayaan adalah hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.

Istilah budaya atau kebudayaanberasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal).

Dapat dikatakan bahwa budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Budaya juga merupakan suatu pola hidup menyeluruh yang bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar, dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Beberapa ahli telah mendefinisikan pengertian kebudayaan dalam berbagai pandangan seperti :

1. Al. Krueber (1958: 582-583)

Menurut Al. Krueber kebudayaan adalah suatu sistem dari ide-ide dan Konsep-Konsep Kebudayaan Dari wujud sebagai rangkaian tindakan berpola suatu aktivitas dan Manusia yang.

2. Bounded et. Al

Definisi kebudayaan menurut Bounded et. Al adalah hal-hal yang berbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu.

3. Croydon (1973: 4)

Pengertian Budaya menurut Croydon adalah suatu sistem pola terpadu, yang sebagian besar berada di bawah ambang batas kesadaran, namun semua yang mengatur perilaku manusia sepasti senar dimanipulasi dari kontrol boneka gerakannya.

4. Dr. Koentjaraningrat

Menurut Dr. Koentjaraningrat Kebudayaan adalah keseluruhan manusia dari perilaku dan hasil perilaku yang beraturan dari tata kelakuan yang didapatnya dengan belajar dan semuanya tersusun dalam kehidupan sehari-hari.

5. Dr. K. Kupper

Kebudayaan adalah sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.

6. Djojodigono (1958)

Kebudayaan menurut Djojodigono adalah daya dari budi, yang berupa cipta, karsa dan rasa.

7. Dawson

Dalam bukunya yang berjudul Age of the Gods, Dawson menyatakan bahwa Kebudayaan merupakan cara hidup bersama.

8. Drs. Mohammad Hatta

Menurut Drs. Mohammad Hatta pengertian kebudayaan adalah ciptaan hidu pdari suatu bangsa.

9. Drs.Sidi Gazalba

Kebudayaan adalah cara berfikir dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu.

10. EB.Tylor

Dalam bukunya, Primitif Culture disebutkan bahwa desfinisi Kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks didalamnya terkandung ilmu pengetahuan serta kebiasaan yang didapat manusia sebagai anggota masyrakat.

11. Edward Spranger

Kebudayaan menurut Edward Spranger adalah segala bentuk atau ekspresi dari kehidupan batin masyarakat. Sedangkan peradaban ialah perwujudan kemajuan teknologi dan pola material kehidupannya.

12. Effat al-Syarqawi

Definisi kebudayaan menurut Effat al-Syarqawi adalah khazanah sejarah suatu bangsa/masyarakat yang tercermin dalam pengakuan/kesaksiannya dan nilai-nilainya, yaitu kesaksian dan nilai-nilai yang menggariskan bagi kehidupan suatu tujuan ideal dan makna rohaniah yang dalam, bebas dari kontradiksi ruang dan waktu

13. Herskovits

Kebudayaan adalah sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganik.

14. Francis Merill

Kebudayaan adalah pola-pola perilaku yang di hasilkan oleh interaksi social,semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh sesorang sebagai anggota suatu masyarakat yang di temukan melalui interaksi simbolis.

15. Kluckhohn dan Kelly

Definisi kebudayaan adalah semua rancangan hidup yang tercipta secara historis, baik yang tersurat maupun yang tersirat, rasional, irasional yang ada pada suatu waktu sebagai pedoman yang potensial untuk perilaku manusia.

16. Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara, kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

17. Larson dan Smalley (1972: 39)

Larson dan Smalley memandang kebudayaan sebagai “blue print” yang memandu perilaku orang dalam suatu komunitas dan diinkubasi dalam kehidupan keluarga. Ini mengatur perilaku kita dalam kelompok, membuat kita peka terhadap masalah status, dan membantu kita mengetahui apa tanggung jawab kita adalah untuk grup. budaya yang berbeda struktur yang mendasari yang membuat bulat bulat masyarakat dan komunitas persegi persegi.

18. Mitchell (Dictionary of Soriblogy)

Kebudayaan menurut Mitchel adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar di alihkan secara genetikal.

19. Mangunsarkoro

Kebudayaan menurut pandangan Mangunsarkoro adalah segala yang merupakan hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya

20. Nostrand

Pengertian kebudayaan adalah sebagai sikap dan kepercayaan, cara berfikir, berperilaku, dan mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut.

21. Parsudi Suparlan

Pasudi Suparlan menyatakan bahwa pengertian kebudayaan adalah sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterpretasikan lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi landasan bagi tingkah lakunya.

22. Robert H Lowie

Kebudayaan adalah segala sesuatu yang di peroleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistic, kebiasaan makan, keahlian yang di peroleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang di dapat melalui pendidikan formal atau informal.

23. Ralph Linton (1945: 30)

Kebudayaan adalah seluruh cara kehidupan Dari Masyarakat Yang manapun dan regular tidak Hanya mengenai sebagian Dari cara Hidup Name of ITU yaitu Masyarakat Yang dianggap lebih diinginkan Dibuat Tinggi atau lebih.

24. R. Seokmono

Kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.

25. Raymond Williams (1961: 16)

Definisi budaya adalah seluruh kehidupan, materi, intelektual, dan spiritual.

26. Sir Edwards B Tylor

Definisi kebudayaan adalah keseluruhan kompleks dari ide da segala sesuatu yang dihasilkan mausia kesamaan pengalaman historis.

27. Sutan Takdir Alisyahbana

Definisi kebudayaan menurut Sutan Takdir Alisyahbana merupakan manifestasi dari cara berfikir.

28. William H. Haviland

Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di tarima ole semua masyarakat.

Unsur-unsur Kebudayaan Menurut Para Ahli

1. Bronislaw Malinowski

Menurut Bronislaw Malinowski, terdapat 4 unsur pembangun dalam budaya/kebudayaan yakni :

Sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya

  • Organisasi ekonomi
  • Alat-alat, dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
  • Organisasi kekuatan (politik)

2. C. Kluckhohn

Sedangkan menurut C. Kluckhohn, terdapat 7 unsur kebudayaan secara universal (universal categories of culture) diantaranya :

  • Bahasa
  • Sistem pengetahuan
  • Sistem tekhnologi, dan peralatan
  • Sistem kesenian
  • Sistem mata pencarian hidup
  • Sistem religi
  • Sistem kekerabatan, dan organisasi kemasyarakatan.

Wujud Kebudayaan

Menurut J.J. Hoenigman terdapat 3 hal wujud dari kebudayaan yakni : gagasan, aktivitas, dan artefak.

1. Gagasan/Wujud ideal

Wujud ideal dari suatu kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam pemikiran warga masyarakat.

Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan, dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.

2. Aktivitas/Tindakan

Aktivitas dan tindakan merupakan wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud dari aktivitas dan tindakan ini sering pula disebut dengan sistem sosial.

Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati, dan didokumentasikan.

3. Artefak/karya

Artefak merupakan salah satu wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan.

Sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan. Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur, dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia.

Wujud Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat ada 4 yakni :

1. Nilai-nilai Budaya

Nilai-nilai budaya disini merujuk kepada penyebutan unsur-unsur kebudayaan yang merupakan pusat dari semua unsur yang lain. Nilai-nilai kebudayaan yaitu gagasan-gagasan yang telah dipelajari oleh warga sejak usia dini, sehingga sukar diubah. Gagasan inilah yang kemudian menghasilkan berbagai benda yang diciptakan oleh manusia berdasarkan nilai-nilai, pikiran, dan tingkahlakunya.

2. Sistem Budaya

Dalam wujud ini, kebudayaan bersifat abstrak sehingga hanya dapat diketahui dan dipahami. kebudayaan dalam wujud ini juga berpola dan berdasarkan sistem-sistem tertentu.

3. Sistem Sosial

Sistem sosial merupakan pola-pola tingkah laku manusia yang menggambarkan wujud tingkah laku manusia yang dilakukan berdasarkan sistem. Kebudayaan dalam wujud ini bersifat konkret sehingga dapat diabadikan.

4. Kebudayaan Fisik

Kebudayaan fisik ini merupakan wujud terbesar dan juga bersifat konkret. Misalnya bangunan megah seperti candi Borobudur, benda-benda bergerak seperti kapal tangki, komputer, piring, gelas, kancing baju, dan lain-lain.

Baca juga : Pengertian Puisi, Unsur, Struktur, Jenis dan Bentuknya

Demikian penjelasan tentang Pengertian Budaya atau Kebudayaan serta wujud dan Unsur-unsurnya. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa di Sumberpengertian.com karena kami akan terus mengulas informasi pendidikan setia harinya. See You Nex Time !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *