Pengertian Kewajiban Asasi Manusia

Posted on

Hello sobat setia Sumberpengertian.id ! Pada kesempatan yang baik ini admin akan membagikan ulasan seputar pengertian kewajiban asasi manusia. Kewajiban merupakan hal yang harus kita lakukan. Lalu apakah yang dimaksud dengan kewajiban asasi manusia ? Yuk simak ulasan berikut ini.

Pengertian Kewajiban Asasi Manusia

Pengertian Kewajiban Asasi Manusia

Kewajiban asasi manusia adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh setiap manusia sebagai makhluk hidup.

Kewajiban tersebut sudah ada sejak manusia lahir. Selain memiliki hak,manusia juga mempunyai kewajiban yang harus dipenuhi.

Kewajiban asasi manusia adalah suatu bentuk pembatasan atas Hak Asasi Manusia (HAM). Sering kali manusia hanya menuntut hak saja, namunlupa bahwa manusia juga mempunyai kewajiban guna menghormati hak asasi orang lain.

Hak dan kewajiban merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dan harus dipahami dan dijalankan secara serentak dan berimbang.

Pengertian Kewajiban Asasi Manusia (KAM) Menurut Para Ahli

Berikut ini pendapat para ahli tentang definisi kewajiban asasi manusia :

Prof Dr. Notonegoro

Mendefinisikan kewajiban asasi manusia adalah beban yang diembankan kepada seseorang dan mengikat orang tersebut sebagai sesuatu yang harus dilaksanakan, tanpa adanya pengecualian

Loading...

Curzon

Pengertian kewajiban asasi manusia adalah kewajiban yang terdiri dari kewajiban mutlak, publik, positif, universal, dan primer.

  • Kewajiban mutlak, adalah kewajiban yang hanya tertuju pada diri sendiri, dalam hal ini tidak melibatkan orang orang lain.
  • Kewajiban publik, ialah kewajiban yang berkorelasi dengan kepentingan atau hak khalayak. Sehingga mematuhi hak publik serta kewajiban perdata yang timbul dari hasil korelasi antara kewajiban perdata dan haknya.
  • Kewajiban positif,  suatu kewajiban yang menghendaki dilakukan sesuatu, sedangkan kewajban negatif adalah kebalikannya.
  • Kewajiban universal atau umum, merupakan sebuah kewajiban yang diberlakukan untu setiap orang tanpa terkecuali, kewajiban umum ini merupakan kebalikan dari kewajiban khusus.
  • Kewajiban primer, merupakan sebuah kewajiban yang muncul tidak melawan hukum.

Contoh Kewajiban Asasi Manusia yang Harus Dipenuhi

Dibawah ini merupakan kewajiban asasi manusia yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

  • Kewajiban kepada Tuhan Sang Pencipta. Semua orang sepakat bahwa setiap manusia memiliki kewajiban kepada tuhan, seperti beribadah.
  • Kewajiban manusia untuk menjalankan tugas sebagai manusia. Setiap manusia memiliki kewajiban untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.
  • Kewajiban moral atas dasar norma benar dan salah sebagaimana diterima dan diakui oleh masyarakat.
  • Kewajiban sosial atas dasar norma dan tingkah laku lingkungan sosial.
  • Kewajiban dalam keluarga.
  • Kewajiban atas pekerjaan dan tanggung jawab.

Baca Juga : Pengertian Seni Lukis, Teknik, Unsur, Aliran, Alat & Bahan, serta Fungsi Seni Lukis

Itulah Pengertian Kewajiban Asasi Manusia yang dapat admin sampaikan. Semoga artikel kali ini dapat bermafaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *