Pengertian Menggambar Model, Unsur-unsur, Tehnik, Alat dan Bahan

Posted on

Pengertian Menggambar Model – Pada artikel ini kami masih akan membahas bab menggambar. Kali ini kami akan menjelaskan tentang sub menggambar model, prinsip, unsur, cara, alat serta bahan yang dibutuhkan untuk mengambar model.

Pengertian Menggambar Model

Pengertian Menggambar Model

Menggambar model adalah proses membuat sebuah representasi visual dari sebuah objek atau konsep.

Dalam bidang seni, menggambar model dapat meliputi membuat sketsa atau gambar yang menggambarkan bentuk, struktur, dan detail dari sebuah objek atau orang.

Menggambar model juga dapat digunakan dalam bidang lain seperti arsitektur, desain produk, atau ilustrasi, di mana menggambar model digunakan untuk menggambarkan konsep atau ide dengan cara yang visual dan jelas.

Proses menggambar model dapat melibatkan penggunaan berbagai alat seperti pensil, pena, atau kuas, serta teknik seperti shading atau hatching untuk memberikan kedalaman dan detail pada gambar.

Objek Menggambar Model

Dalam menggambar model, objek yang dapat digambarkan bisa sangat beragam. Objek yang sering digambarkan dalam menggambar model adalah orang, binatang, tumbuhan, bangunan, objek arsitektur, dan produk industri. Objek yang lebih abstrak seperti konsep atau ide juga dapat digambarkan dengan menggunakan teknik menggambar model.

Dalam menggambar model, penting untuk memperhatikan detail objek yang akan digambarkan, seperti bentuk, struktur, dan tekstur. Hal ini dapat membantu menciptakan gambar yang tepat sesuai dengan objek aslinya dan memberikan kesan visual yang kuat pada pemirsa. Selain itu, memperhatikan proporisi dan perspektif juga sangat penting dalam menggambar model untuk menciptakan gambar yang terlihat natural dan realistis.

Menggambar Model Tiga Dimensi ( 3 D )

Menggambar model tiga dimensi adalah proses membuat sebuah representasi visual dari sebuah objek atau konsep dengan menggunakan teknik yang menggambarkan ketiga dimensi objek, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Menggambar model tiga dimensi dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik, seperti menggambar dengan pensil atau pena pada kertas atau dengan menggunakan software komputer seperti AutoCAD.

Dalam menggambar model tiga dimensi, penting untuk memahami prinsip-prinsip perspektif dan proporisi agar gambar yang dihasilkan terlihat natural dan realistis. Menggunakan alat bantu seperti skema perspektif atau grid dapat membantu dalam membuat gambar yang tepat sesuai dengan objek aslinya.

Selain itu, dalam menggambar model tiga dimensi, kita juga harus memperhatikan tekstur dan warna objek yang akan digambarkan. Penggunaan shading atau hatching dapat membantu dalam menciptakan kesan visual yang kuat dan memberikan kedalaman pada gambar.

1. Menggambar Model Benda Kubistis

Menggambar model benda kubistis adalah proses membuat sebuah representasi visual dari sebuah objek dengan menggunakan prinsip-prinsip seni kubisme. Kubisme adalah aliran seni yang dicetuskan oleh Pablo Picasso dan Georges Braque pada awal abad ke-20 yang menekankan pada penggunaan bentuk-bentuk geometris sederhana dan terpisah dari objek yang digambarkan.

Dalam menggambar model benda kubistis, objek yang digambarkan biasanya dipecah menjadi bentuk-bentuk geometris sederhana seperti kubus, balok, atau prisma. Objek tersebut kemudian ditarik dari berbagai sudut pandang yang berbeda untuk memberikan kesan visual yang lebih kompleks dan menarik. Penggunaan warna yang kontras juga sering digunakan dalam menggambar model benda kubistis untuk memberikan kesan visual yang lebih mencolok.

Untuk menggambar model benda kubistis, penting untuk memahami prinsip-prinsip seni kubisme dan mampu menggambarkan bentuk-bentuk geometris dengan tepat. Penggunaan alat bantu seperti skema perspektif atau grid dapat membantu dalam menciptakan gambar yang tepat sesuai dengan objek yang ingin digambarkan.

Bebereapa benda yang berbentuk menyerupai bangun kubus (balok) seperti, meja, kursi, lemari, bak sampah, kotak pensil, dan sebagainya.

2. Menggambar Model Benda Silindris

Untuk menggambar model benda silindris, pertama-tama Anda perlu memahami apa itu benda silindris. Benda silindris adalah benda yang memiliki sisi yang datar di kedua ujungnya dan berbentuk seperti tabung. Contoh benda silindris adalah sebuah botol, sebuah batang kayu, atau sebuah tabung pengecoran. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggambar model benda silindris:

  1. Buatlah garis horisontal di atas kertas Anda sebagai garis dasar. Ini akan menjadi garis tepi bawah benda silindris.
  2. Buatlah sebuah lingkaran di atas garis dasar yang telah Anda buat. Lingkaran ini akan menjadi tepi atas benda silindris.
  3. Hubungkan tepi atas dan tepi bawah dengan garis-garis yang mengelilingi lingkaran. Garis-garis ini akan menjadi sisi benda silindris.
  4. Tambahkan detail ke benda silindris sesuai keinginan Anda, seperti garis-garis yang menunjukkan tekstur atau warna benda.
  5. Periksa apakah model benda silindris Anda terlihat seperti yang diinginkan. Jika tidak, perbaiki sesuai kebutuhan.

Itulah cara menggambar model benda silindris.

3. Menggambar Model Benda Bebas

Benda bebas yang dimaksud disini merupakan benda yang bentuknya tidak beraturan. Contoh Menggambar Model Bebas adalah buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan lain lainnya.

Prinsip Menggambar Model

1. Komposisi

Komposisi merupakan tata susunan yakni cara kita menyusun dan mengatur objek gambar yang digunakan sebagai model gambar sehingga hasil gambar tampak menarik dan indah. Komposisi dapat dibuat melalui bentuk objek gambar, warna objek gambar, jenis objek gambar, dan latar belakang gambar.

2. Proporsi

Sebuah benda tersusun dari suatu kesatuan berdasarkan ukuran antara bagian satu dengan bagian lainnya. Kesebandingan, keseimbangan, atau kesesuaian bentuk dan ukuran suatu benda antara bagian yang satu dengan bagian yang lain itulah yang dinamakan proporsi. Apabila suatu gambar menggunakan proporsi yang tepat, maka gambar benda yang dihasilkan akan tampak wajar. Jika gambar yang dibuat tidak sesuai dengan proporsi maka akan terkesan janggal.

3. Keseimbangan

Keseimbangan merupakan prinsip dalam menggambar yang artinya adalah keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dan gambar yang dihasilkan. Keseimbangan hasil gambar model dapat diperoleh dengan cara membuat skala, memberi efek perspektif pada objek gambar dan sudut pandang penggambar.

4. Kesatuan (Unity)

Kesatuan merupakan suatu penggambaran objek yang memberikan kesan adanya kesatuan unsur-unsur yang terpadu. Kesatuan artinya keterpaduan dari bagian-bagian gambar, tidak terkesan terbelah atau terpisah.

Baca juga : Pengertian Nilai Mutlak

Unsur-unsur Menggambar Model

Menggambar model adalah proses membuat ilustrasi atau gambar yang menggambarkan suatu objek atau sistem dengan menggunakan simbol, garis, dan warna secara teknis dan artistik. Dalam menggambar model, ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Titik: Titik adalah elemen dasar dalam menggambar yang terdiri dari satu atau beberapa titik yang dapat digabungkan menjadi garis atau bidang. Titik bisa digunakan dalam teknik pointilis, di mana titik-titik kecil dengan ukuran dan warna yang berbeda digunakan untuk menggambarkan objek secara keseluruhan.
  • Garis: Garis adalah elemen dasar setelah titik yang terdiri dari rangkaian titik yang tersambung. Garis berguna untuk menentukan batas akhir objek dalam gambar dan bisa digunakan dalam teknik linear, di mana garis lurus dan garis lengkung dengan ukuran yang berbeda digunakan untuk menggambarkan objek secara keseluruhan.
  • Bidang: Bidang adalah elemen yang terbentuk dari pertemuan garis-garis yang saling terhubung dan membentuk sebuah kontur dua dimensi pada bidang gambar. Bidang bisa berbentuk kotak, persegi, persegi panjang, segitiga, dll.
  • Bentuk: Bentuk adalah elemen yang memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi dalam bidang gambar. Bentuk bisa dibentuk dari titik, garis, atau bidang yang dikombinasikan secara kreatif.
  • Warna: Warna adalah elemen yang paling dominan dalam menggambar model karena akan mengisi keseluruhan objek gambar dan memiliki pengaruh besar terhadap kemiripan hasil gambar dengan obyek yang diilustrasikan.
  • Tekstur: Tekstur adalah elemen yang memberikan informasi mengenai permukaan objek gambar dalam bidang gambar. Tekstur bisa ditunjukkan dengan menggunakan garis-garis atau titik-titik yang menyerupai struktur permukaan obyek yang bersangkutan.
  • Pencahayaan: Pencahayaan adalah elemen yang memberikan kesan kedalaman dan sudut pandang dalam hasil gambar. Pencahayaan bisa ditunjukkan dengan menggunakan warna-warna yang lebih terang atau lebih gelap pada bagian-bagian obyek yang terkena cahaya secara langsung atau tidak langsung.

Dengan memahami dan menerapkan unsur-unsur ini, Anda dapat membuat gambar model yang teknis dan artistik yang efektif

Alat dan Bahan Menggambar Model

Alat-alat yang dibutuhkan untuk menggambar model adalah

1. Media Kering

  • Pensil
  • Pengapus
  • Krayon
  • Spidol
  • Konte
  • Drawing Pen

2. Media Basah

  • Cat Air
  • Cat Poster
  • Tinta Bak
  • Cat Minyak
  • Ecolin

Cara dan Teknik Menggambar Model

Berikut adalah tahapan, cara dan tehnik, menggambar model adalah :

  • Pengamatan
  • Sketsa
  • Menentukan Gelap Terang
  • Menentukan Teknik
  • Sentuhan Akhir

Baca juga : Pengertian Resume

Demikian penjelasan tentang Pengertian Menggambar Model, Prinsip, Teknik dan Cara Menggambar Model. Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Sumberpengertian.id 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *