Hello sobat pembaca ! Jumpa lagi bersama mimin yang pada kesempatan yang baik ini akan mengulas mengenai Pengertian Microsoft Power Point. Microsoft Power Point merupakan program aplikasi pengolah presentasi. Perangkat lunak yang satu ini digunakan guna mempermudah kita dalam pembuatan presentasi. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Microsoft Power Point mari kita simak ulasan berikut ini.
Pengertian Microsoft Power Point
Microsoft Powerpoint adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide.
Fungsi Microsoft Power Point
Berikut fungsi dari program Microsoft Power Point adalah :
- Membuat presentasi dalam bentuk slide-slide
- Menambahkan audio,video,gambar dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi menjadi lebih menarik dan hidup.
- Mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide.
- Membuat presentasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat diakses melalui perangkat komputer.
Cara Mengaktifkan Program Microsoft Power Point
Berikut langkah-langkah mengaktifkan program microsoft word adalah :
- Klik Start
- Klik All Programs
- Klik Microsoft Office
- Klik Microsoft Office Power Point (2007)
- Maka akan tampil lembar kerja MS. Power Point (2007)
Menu Pada Microsoft Power Point
Berikut adalah menu pada microsoft power point.
1. Tombol Office
Tombol Office digunakan untuk mengakses perintah-perintah dasar yang berhubungan dengan dokumen seperti membuat dokumen, membuka dokumen,menyimpan dokumen, mencetak dokumen, dan lain sebagainya.
2. Quick Acces Toolbar
Quick Acces Toolbar berisi ikon-ikon yang digunakan untuk mengakses perintah dengan cepat. Secara default, bagian ini terdiri dari tiga ikon yaitu save,undo, repeat,dan lain-lain.
3. Tab Menu
Tab menu berisi menu-menu yang menunjukkan perintah-perintah untuyk mengolah suatu dokumen.
4. Title Bar
Title bar menunjukkan nama dokumen yang sedang aktif.
5. Ribbon
Ribbon merupakan letak dari perintah-perintah sebuah menu.
6. Slides Pane
Digunakan untuk menampilkan thumbnail slide yang ada pada dokumen.
7. Status Bar
Digunakan untuk menunjukkan status dari dokumen seperti jumlah slide atau tema yang digunakan pada slide.
8. Notes Pane
Digunakan untuk menampilkan catatan yang ada didalam slide.
9. Slide Area
Digunakan untuk menampilkan slide dari dokumen
10. Tombol View
Digunakan untuk mengatur tampilan slide
11. Zoom Controls
Digunakan untuk mengatur ukuran tampilan slide. ZOOM IN untuk memperbesar tampilan sedangkan ZOOM OUT untuk memperkecil tampilan.
Baca Juga : Pengertian Quick Acces Toolbar
Keunggulan Microsoft Power Point
Keunggulan Microsoft Power Point adalah, sebagai berikut.
- Mudah dioperasikan.
- Tersedia berbagai macam desain dan animasi.
- Tersedia berbagai macam template menarik.
- Dapat dibuat dengan berbagai format.
- Dapat mengedit foto secara langsung.
Kelemahan Microsoft Powerpoint
- Harganya mahal. Akan tetapi, aplikasi ini gratis jika menggunakan versi bajakan.
Demikian yang dapat mimin sampaikan. Semoga artikel tadi dapatbermanfaat. Jangn lupa ikuti kami terus di Sumberpengertian.id. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya 😀