Pengertian Rasisme Menurut Para Ahli, Penyebab dan Contohnya !

Posted on

Assalamualaikum sobat Sumberpengertian.id, senang sekali bisa menyapa sobat lagi dengan artikel trending dalam dunia pendidikan.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan membahas tentang pengertian rasisme atau definisi rasis.

Berikut beberapa informasi menarik seputar rasisme : pengertian diskriminasi ,penyebab rasisme, arti rasis dalam sepak bola, rasis kbbi, pengertian rasisme dan rasialisme, apa arti rasis di fb, rasisme adalah brainly, cara mengatasi rasisme . Inilah penjelasanya.

Pengertian Rasis

Pengertian Rasisme

Pengertian rasis adalah sebutan untuk orang yang menganut paham rasisme ataupun rasialisme. Istilah Rasis berasal dari kata rasial yang berarti berdasarkan ciri-ciri fisik ras, bangsa, suku bangsa, warna kulit, rambut dan lain-lain.

Pengertian Rasisme

Pengertian Rasisme adalah sebuah paham pembedaan sikap maupun perlakuan terhadap kelompok masyarakat tertentu karena perbedaan rasial. Seseorang yang menganut paham rasisme menganggap bahwa rasnya lebih superior sehingga memiliki hak untuk mengatur ras yang lain. Istilah rasis ini sudah lama digunakan dan mempunyai konotasi yang buruk sejak 1940-an.

Rasisme sudah menjadi faktor pendorong utama diskriminasi sosial, segregasi ( pemisahan kelompok ras atau etnis secara paksa ) dan kekerasan rasial, termasuk juga genosida yakni pembantaian besar-besaran terhadap suatu ras secara sistematis. Politisi seringkali menggunakan isu rasial untuk memenangkan suara.

Pengertian Rasisme Menurut Para Ahli

Penjelasan Rasisme menurut beberapa ahli diantaranya adalah :

Pengertian Rasis KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia )

Rasisme menurut KBBI adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu – bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya

Alo Liliweri

Pengertian rasisme menurut Alo Liliweri adalah suatu ideologi yang mendasarkan diri pada diskriminasi terhadap seseorang atau sekelompok orang, karena ras mereka bahkan ini menjadi doktrin politis.

Human Rights and Equal Opportunity Commission

Sedangkan Definisi rasisme berdasarkan Human Rights and Equal Opportunity Commission adalah suatu ideologi yang menyumbangkan pernyataan mitos perihal kelompok ras dan etnis lainnya yang merendahkan kelompok atau komunitas tersebut.

Pramoedya Ananta Toer

Menurut Pramoedya Ananta Toer Pengertian Rasisme atau rasialisme adalah pemahaman yang menolak suatu golongan masyarakat yang berdasarkan atau berbeda ras. Dengan kata lain, mempunyai kelainan daripada umumnya.

Oliver C. Cox

Oliver C. Cox menyatakan bahwa Rasisme merupakan peristiwa, situasi yang menilai berbagai tindakan, dan nilai dalam suatu kelompok berdasar perspektif kulturalnya yang memandang semua nilai sosial masyarakat lain diluar diri mereka itu salah dan tidak dapat diterima.

Baca juga : Pengertian Jujur Menurut Para Ahli

Contoh Rasisme Dalam Kehidupan

Contoh rasisme yang paling sering nampak adalah kasus rasisme dalam dunia olahraga sepak bola dimana seorang pemain kulit putih menghina dan merendahkan pemain kulit hitam ataupun pemain dari negara tertentu.

Penyebab Rasisme

Rasisme disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah :

Sosialisasi dalam keluarga

Segala sesuatu yang diajarkan oleh orangtua kepada anak-anaknya, pasti akan melekat dalam diri anaknya, baik hal baik maupun hal buruk. Ironisnya, biasanya orangtualah yang menjadi salah satu faktor penyebab rasisme muncu, sehingga hal ini akan terjadi rantai kebencian yang tidak putus karena terus didoktrin antargenerasi.

Keputusan Kebijakan Pemerintah

Pada umumnya, penyebab rasisme yang paling sering terjadi karena keputusan kebijakan pemerintah. Hal ini dipengaruhi oleh keotoriteran dari pemimpin dalam pemerintah. Contohnya adalah dari masa orde lama  dan masa orde baru, para etnis Tionghoa didiskriminasi dan membatasi ruang geraknya mereka dikarenakan hal ini.

Budaya serta Adat Istiadat

Loading...

Keberagaman Budaya serta adat idtiadat tak pelak menjadikan salah satu faktor penyebab rasisme, Hal ini dikarenakan perbedaan adat dan budaya yang berbeda mempengaruhi pikiran, pemahaman, dan pandangan sehigga kemudian dapat menyebabkan sikap rasis antar suku.

Selain beberapa faktor diatas penyebab rasisme dapat disebabkan karena kesenjangan ekonomi, kesenjangan sarana dan prasarana, dan rasa cinta yang berlebihan serta munculnya rasa iri.

Contoh Rasisme

Banyak sekali contoh rasisme yang pernah terjadi diantaranya adalah :

1. Kasus Mihajlovic dan Vieira

Mantan pemain tim nasional Yugoslavia dan pemain Intermilan, Sinisa Mihajlovic, melakukan penghinaan kepada mantan pemain Arsenal, Patrick Vieira, dengan kata-kata : “black shit”. Atas tindakannya tersebut, Mihajlovic diganjar hukuman dua kali larangan bermain.

2. Rasisme Suporter Lazio

Suporter klub Lazio sudah terkenal atau dikenal sebagai klub paling rasisme di Italia. Aron Winter, mantan pemain timnas Belanda adalah pemain berkulit hitam yang terakhir bergabung dengan klub ini. Pada saat kedatangannya ke klub ini, ia mendapatkan cemoohan yang menyakitkan hati, dicemooh dengan kata-kata : “Yahudi Negro”.

3. Rasisme Jean Marie Le Pen Pada Pemain Sepakbola Perancis

Pada saat itu pesepakbola Jean Marie Le Pen membuat sensasi dengan mengatakan “tim sepakbola Perancis tidak pantas dihuni oleh orang-orang pendatang”. Banyak yang mengartikan bahwa “orang-orang pendatang” tersebut adalah para imigran seperti Zinedine Zidane, Lilian Thuram, Thierry Henry, Patrick Vieira, dan lain-lain.

4. Rasisme Klub Sepakbola Spanyol Pada Samuel Eto’o.

Samuel Eto’o kerap kali menjadi korban tindakan rasisme dari beberapa klub Spanyol. Bentuk tindakan rasisme yang dilakukan oleh tim lawan adalah mengejek Eto’o dengan mengeluarkan suara mirip suara monyet setiap kali Eto’o membawa bola.

5. Rasisme Klub Sriwijaya FC Pada Pemain Persipura

Tidak hanya di luar negeri, di Negara kita pun tercemar oleh kasus rasisme. Seperti Suporter klub Sriiwjaya FC menghina pemain-pemain Persipura dengan cara mengeluarkan suara yang menyerupai suara monyet. Hinaan tersebut ditujukan kepada pemain-pemain Persipura yang berasal dari Papua.

Baca juga : Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian Fasisme

Pengertian fasis adalah sebuah sebutan untuk penganut paham fasisme. Paham Fasisme adalah suatu prinsip atau paham golongan nasionalis ekstrem yang menganjurkan pemerintahan otoriter. Hampir mirip dengan rasis, fasisme sangat mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain.

Istilah Fasisme berasal dari kata Latin/Romawi : fasces yang mulanya adalah serumpun batang yang diikatkan di kapak, sebagai simbol otoritas hakim sipil Romawi kuno yang digunakan untuk hukuman fisik dan modal berdasarkan perintah-Nya. Simbol fasis menyarankan kekuatan melalui kesatuan; diartikan bahwa sebuah batang tunggal adalah mudah patah, berbeda dengan rumpunan yang akan sangat sulit sekali untuk terjadi perpecahan.

Kata fasis juga erat kaitannya dengan organisasi politik di Italia yang dipimpin oleh Benito Mussolini yang sebagian besar anggotanya adalah veteran Perang Dunia I. Partai ini berhasil menguasai pemerintahan pada tahun 1922, dan Mussolini diangkat sebagai perdana menteri dengan gelar II Duce (Sang Pemimpin).

Negara Italia di bawah tampuk kekuasaan Mussolini berhasil berkembang dengan sangat pesat, angkatan perangnya diperbesar dan diperkuat, serta menjalin kerja sama dengan Jerman yang juga berpaham Fasis.

Negara fasis menjalankan kekuasaan pemerintahannya dengan cara yang diktator. Mereka mengembangkan perasaan nasionalisme yang berlebihan dan menganjurkan pembentukan partai tunggal totaliter yang menggerakkan massa untuk menciptakan manusia baru; yang kemudian dianggap cukup ideal dalam elit pemerintahan yakni melalui pendidikan fisik dan indoktrinasi. Salah satunya adalah negara eugenika yakni dengan melakukan perbaikan ras dengan cara mengeliminasi semua orang yang dianggap berpenyakit.

Paham fasisme berkonsep bahwa bangsa perlu identitas kolektif yang seragam, kepemimpinan yang kuat, serta kemampuan yang kuat untuk berperang. Pemerintahan yang fasis juga akan melarang dan menekan oposisi terhadap suatu negara.

Demikian penjelasan tentang Definisi Rasis, Rasisme, penyebab serta contohnya ! Semoga informasi yang kami bagikan ini membawa manfaat 🙂 Sampai jumpa esok hari. 🙂

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *