Pengertian Renang Menurut Para Ahli dan Macam-macam Renang

Sobat, mungkin banyak yang dari kalian yang menyukai aktivitas olahraga yang satu ini yaa. Olahraga air ini memang sangat menyenangkan dilakukan untuk mengisi akhir pekan anda. Pada review kali ini mimin akan mengulas pokok bahasan terkait tentang Pengertian Renang.

Pengertian Renang Menurut Para Ahli

Pengertian Renang Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Renang adalah salah satu gerakan yang dilakukan di dalam air yang dapat dilakukan oleh manusia dan hewan.

Kegiatan renang yang dilakukan oleh manusia biasanya dilakukan untuk tujuan olahraga, mencari ikan, atau pun untuk tujuan wisata.

Pada hewan kegiatan berenang biasanya dilakukan untuk mencari mangsa, berpindah tempat, dan mendinginkan suhu tubuh.

Biasanya kegiatan renang juga dijadikan sebagai sebuah perlombaan baik tingkat nasional maupun dunia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian renang adalah menggerakkan badan, melintas, mengapung, menyelam di air dengan menggunakan kaki, tangan, sirip, ekor, dan sebagainya.

Menurut Kasiyo Dwijowinoto ( 1979: 1 )

Pengertian Renang adalah salah satu cabang olahraga yang bisa diajarkan pada semua umur, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. bayi yang berumur beberapa bulan juga sudah bisa di ajarkan renang.

Menurut Arma Abdoelah (1981: 270)

Renang  adalah suatu jenis olahraga yang dilakukan di air, baik di air tawar maupuan di air asin atau laut.

Baca juga : Pengertian Softball Lengkap!

Macam-macam Gaya Renang

Dalam aktivitas olahraga air ini terdapat beberapa gaya yang dapat anda lakukan antara lain :

1. Gaya Bebas

Gaya Bebas

Seperti namanya, renang gaya bebas tidak terikat dengan teknik tertentu. Artinya anda bisa melakukan beraneka ragam gaya dalam berenang sehingga bisa membuat tubuh Anda melaju lebih cepat.

Renang gaya bebas sering dilakukan oleh para pemula karena lebih mudah dilakukan dibanding gaya renang lainya.

Cara melakukanya yaitu dengan posisi badan menelungkup, badan dan kepala menghadap permukaan air. Untuk begerak menggunakan kombinasi gerakan tangan mearik dan kaki menendang air.

Tangan bergerak secara bergantian seperti gerakan mengayuh, sedangkan kaki bergerak secara bergantian keatas dan kebawah.

Untuk cara bernafas anda bisa mengambil nafas melalui mulut saat menoleh kekanan atau kekiri dan mengeluarkan nafas melalui mulut secara perlahan didalam air.

2. Gaya Dada (Gaya Katak)

Gaya Dada

Renang gaya dada disebut juga dengan renang gaya katak. Gaya renang ini sangat populer untuk renang rekreasi.

Menurut Wikipedia, berenang gaya dada sudah dilakukan manusia sejak Zaman Batu sebagaimana yang digambarkan dalam lukisan di Gua Perenang, dekat Wadi Sora, Mesir barat daya.

Posisi tubuh renang gaya dada ini seperti merangkak di permukaan air. bagian dada dan kepala turun dan naik dari dalam ke permukaan air.

Sedangkan bagian tangan dan kaki bergerak secara bergantian di dalam air. Ketika kaki bergerak mendorong air, maka posisi tangan lurus kedepan. Sedangkan ketika tangan membelah air, maka kedua kaki tetap lurus dan tidak bergerak.

Ketika membuka tangan membelah air selebar bahu, tarik tangan kedalam sambil mengayuh air untuk melaju lebih cepat dan melakukan sweepout.

Pada posisi dada dan kepala diatas permukaan air, pandangan kedepan dan anda bisa mengambil nafas. Saat tubuh kembali turun ke dalam air, tangan lurus kedapan dan kaki mendorong air untuk meluncur.

Dalam renang gaya dada, kaki merupakan sumber dorongan terbesar. Jadi kaki yang fleksibel dan kaki yang kuat sangat diperlukan.

3. Gaya Kupu-kupu

Gaya Kupu-kupu

Gaya kupu-kupu merupakan salah satu gaya renang yang sering diperlombakan dalam Olimpiade dan lomba-lomba resmi yang lain.

Dilihat dari gerakan kakinya, gaya kupu-kupu juga disebut sebagai gaya lumba-lumba atau dolphin.

Gaya renang ini pertama kali mengikuti lomba pada tahun 1933. Berdasarkan sejarah, gaya kup-kupu merupakan vareasi dari gaya dada.

Dengan posisi dada menghadap ke bawah, kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah, lalu ke belakang, dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan di atas permukaan air. Gerakan tangan mirip dengan kepakan sayap kupu-kupu.

Sementara itu, kaki bergerak naik turun secara bersamaan seperti sirip lumba-lumba.

Pernapasan dilakukan pada saat kepala berada diluar. Hirup udara melalui mulut. Sebelum muncul ke permukaan, udara dihentakan kuat-kuat melalui mulut dan hidung.

Renang gaya kupu-kupu ini dinilai lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan gaya renang yang lain.

4. Gaya Punggung

Seperti namanya, Renang gaya punggung adalah renang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan tangan dan kaki sama dengan gerakan renang gaya bebas.

Posisi renang gaya punggung memudahkan perenang untuk bernafas, namun dilain sisi sulit menentukan arah gerakan tubuh.

Teknik Dasar Gerakan Renang

Terdapat beberapa tekhnik dalam renang yang harus anda kuasai diantaranya :

  • Teknik pengambilan nafas
  • Teknik gerakan kaki
  • Teknik gerakan lengan dan tangan
  • Teknik melayang
  • Teknik meluncur
  • Teknik mengapung
  • Teknik koordinasi (gabungan antara gerakan kaki, gerakan lengan, dan bernapas)
  • Teknik meloncat

Baca juga : Pengertian Bola Basket Lengkap !

Manfaat Renang

Renang memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kebugaran tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari berenang :

  • Melatih otot
  • Melatih pernafasan
  • Meningkatkan fungsi organ jantung dan paru-paru
  • Menambah tinggi badan
  • Menghilangkan stres
  • Membakar kalori

Kegiatan olahraga yang dilakukan didalam air ini memiliki banyak sekali manfaat. Sebaiknya lakukan kegiatan ini minimal dua kali seminggu yaa agar badan terasa lebih bugar.

Demikian informasi yang dapat Sumberpengertian.id sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *