Pengertian Resume dan Langkah-langkah Membuat Resume !

Posted on

Pengertian Resume – Pasti kita pernah membuat suatu resume atau essai. Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang mampu melakukannya dengan benar. Namun ada juga yang masih belum faham tentang Pengertian Resume dan bagaimana cara membuat resume yang benar. Nah untuk itu kami akan secara khusus mengulaskannya untuk sobat.Pengertian Resume, dan Langkah-langkah Membuat Resume

Pengertian Resume (Ringkasan)

Pengertian Resume adalah suatu cara yang ekfektif untuk menyajikan karangan yang panjang dalam sajian yang singkat.

Loading...

Ringkasan mulanya berawal dari karangan sumber yang panjang, yang kemudian dipangkas dengan mengambil hal-hal atau bagian yang pokok dengan membuang perincian serta ilustrasi.

Ringkasan harus mempertahankan pikiran pengarang serta pendekatannya yang asli. Jadi dapat disimpulkan bahwa ringkasan merupakan keterampilan memproduksi hasil karya yang sudah ada dalam bentuk yang singkat.

Baca juga : Pengertian Geologi Menurut Para Ahli Lengkap !

Perbedaan Resume, Ringkasan dan Ikhtisar

Simaklah perbedaan resume, ringkasan dan ikhtisar dibawah ini untuk lebih mudah memahaminya.

Pengertian Rangkuman

Definisi Rangkuman adalah kegiatan menyusun gagasan pokok atau intisari suatu karangan atau buku menjadi bentuk yang pendek. Suatu rangkuman tidak boleh mengubah ide pokok (gagasan pokok) teks aslinya.

Pengertian Ikhtisar

Ikhtisar pada dasarnya sama dengan ringkasan (resume) dilihat dari tujuannya, keduanya mengambil bentuk kecil dari karangan panjang.

Pada ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar. Untuk mengambil ikhtisar bebas mengambil kata-kata asal tetap menunjukan inti dari bacaan tersebut.

Langkah-langkan Menulis Resume yang Benar

Untuk dapat meringkas resume yang benar maka sobat harus memperhatikan langkah-langkah dibawah ini :

Membaca Teks Asli

Membaca teks asli sangatlah penting guna mengetahui isi dan memahami maksud dari penulis. Sobat dapat membacanya berulang-ulang supaya lebih paham tentang naskah tersebut.

Sobat juga dapat mencatat istilah yang sulit dipahami dan mencari maknanya supaya dapat mempermudah dalam melakukan penulisan resume. Hal tersebut juga membantu dalam mengetahui gambaran umum dari sudut pandang penulis.

Menentukan dan Mencatat Gagasan Utama

Tentukan gagasan utama dari naskah/tulisan yang anda buat. Jangan lupa untuk mencatatnya supaya mempermudah anda pada tahap selanjutnya.

Mulai Menulis Resume

Pergunakanlah gambaran umum tentang keseluruhan isi jurnal/naskah yang telah terbayang diotak kita dan hasil pencatatan gagasan utama tadi untuk dibuat resume. Ingat, urutan paragraf untuk pembuatan resume harus sesuai dengan naskah aslinya.

Jika pada jurnal biasanya banyak sub babnya, kita gak perlu ikutin jurnal untuk membuat poin-poin sub bab juga karena resume merupakan ringkasan singkat jadi buatlah resume dalam bentuk paragraf demi paragraf saja.

Kemudian kalimat-kalimat dalam resume yang kita buat diganti dengan kalimat-kalimat baru yang sekaligus menggambarkan kembali isi dari naskah aslinya.

Membaca Kembali Resume yang Telah Dibuat

Setelah resume yang anda buat selesai, maka anda harus membacanya kembali untuk memastikan tidak ada kesalahan baik dari penulisan maupun dari isi resume yang anda buat. Resume yang and buat harus sesuai dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Baca juga : Pengertian Otonomi Daerah Lengkap | Dasar Hukum, Asas, Prinsip dan Tujuan

Contoh Resume Makalah

Berikut ini contoh resume makalah yang bisa menjadi referensi :

Judul: Melatih Ketrampilan Membaca

Pendahuluan

Membaca bukan hanya sekedar membaca, membaca membutuhkan sebuah keterampilan. Ketrampilan membaca dapat dilatih dengan beberapa cara, diantaranya : Membaca dengan penghayatan dan konsentrasi tinggi, membaca dengan santai (tidak tergesa-gesa), membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat serta membaca dengan penuh ekspresif.

Pembahasan

 Ada 2 teknik dasar untuk membaca, diantaranya yaitu membaca dengan suara (dilakukan untuk menikmati bacaan dengan cara menangkap informasi), membaca dalam hati (membaca intensif dan membaca ekstensif).

Membaca dengan suara artinya dilakukan dengan membaca keras oleh pembaca. Sedangkan membaca dalam hati merupakan kegiatan membaca yang lebih memahami sebuah bacaan.

Dalam kegiatan membaca, yang paling penting yaitu proses memahami. Kegiatan membaca adalah kegiatan untuk menangkap pesan sang penulis, oleh sebab itu ketika membaca buku, portal, jurnal, sosial media, koran atau majalah dibutuhkan pemahaman.

Secara umum, kegiatan membaca bisa dikatan sebagia kegiatan menganalisa,  meresepsi bahkan menginterpretasi pesan yang disampaikan oleh penulis. Sehingga untuk memahami sebuah bacaan diperlukan konsentrasi yang tinggi.

Kesimpulan

Membaca untuk menangkap pesan penulis memang tidak mudah dilakukan. Itu karena membaca membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan pemahaman yang baik. Tanpa pemahaman yang mendalam, seorang pembaca bisa salah menangkap isi penulis.

Untuk menikmati bacaan dan lebih menangkan informasi, teknik membaca dengan suara lebih efektif digunakan. Sedangkan membaca dalam hati biasanya dilakukan dengan cara membaca intensif dan membaca ekstensif.

Setelah membaca penjelasan diatas semoga sobat dapat memahami pengertian resume, dan cara membuat resume yang baik. Jangan lupa untuk mampir ke Sumberpengertian.id yaa karena setiap harinya kami membagikan informasi pendidikan yang tak kalah penting.

2 thoughts on “Pengertian Resume dan Langkah-langkah Membuat Resume !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *