Pengertian Sistem Operasi, Fungsi dan Contohnya

Posted on

Hasi sobat, Sumberpengetian.id akan mengulas pengertian Sistem Operasi. Istilah Sistem Operasi tentu tidak asing lagi bagi mereka yang menggunakan perangkat komputer dan sejenisnya. Yuk simak artikel selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Sistem Operasi

Loading...

Pengertian Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak atau software yang bertanggunga jawab mengatur atau mengontrol kerja perangkat keras atau hardware dan menjalankan aplikasi atau software didalam suatu sistem komputer.

Dapat dikatakan bahwa sistem operasi merupakan sebuah sistem yang mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem dalam komputer dapat berjalan dengan semestinya.

Baca juga : Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli, Ciri dan Strukturnya

Fungsi Sistem Operasi

Sistem Operasi memiliki fungsi yang vital dalam komputer. Berikut adalah beberapa fungsi dari Sistem Operasi :

  • Resource manager adalah pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya. Misalnya memori, cpu, disk drive dan perangkat lainnya.
  • Interface atau tatap muka, yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang leibh mudah dipahami dan bersahabat.
  • Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan proses secara berurutan.
  • Guardian, menyediakan akses kontrol dengan tugas melindungi file dan mengawasi data dan program
  • Gate Keeper, berfungsi mengendalikan hak akses pengguna dalam mengendalikan yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
  • Optimizer ialah sebagai penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunannya.
  • Accountant yang mana berfungsi mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal

Server berfungsi untuk melayani pengguna komputepengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya. Misalnya memori, cpu, disk drive dan perangkat lainnya.

Baca juga : Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli Beserta Jenis-Jenisnya

Bagian dalam Sistem Operasi

Sistem Operasi terdiri dari beberapa bagian umum, antara lain :

  • Mekanisme Boot, yakni meletakkan kernel ke dalam memory
  • Kernel adalah inti dari sebuah Sistem Operasi.
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna.
  • Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.

Jenis Sistem Operasi

Untuk lebih memahaminya berikut admin membagikan contoh sistem operasi yang telah ada di pasar dunia

Berikut ini adalah beberapa contoh OS yang sering dijumpai di pasar gadget seluruh dunia:

1. DOS

Sistem operasi DOS merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan pada tahun 1981 oleh Microsoft untuk sistem operasi komputer IMB-PC.

DOS termasuk sistem operasi CUI (Character User Interface), artinya sistem operasi ini berkomunikasi dengan user hanya melalui teks. Jadi penggunaannya masih menggunakan syntax atau perintah khusus.

Saat ini, sistem operasi CUI (Character User Interface) sudah digantikan oleh sitem operasi GUI (Grafhical User Interface), yaitu sistem operasi yang menampilkan pesan melalui grafis.

2. Windows

Sistem Operasi Windows merupakan sistem operasi GUI (Grafhical User Interface) yang paling banyak digunakan saat ini.

Windows dikembangkan oleh Microsoft Corporation sejak tahun 1985 dan pertama kali dikeluarkan pada tahun 1990 dengan nama Windows 3.0.

Kehadiran sistem operasi windows diterima baik oleh para user, sejak saat itu Microsoft terus mengembangkan Windows kedalam berbagai versi, diantaranya Windows 97, Windows 98, windows ME, Windows 2000 Server, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Versi terbaru windows 10.

3. Linux

Sistem operasi Linux dikembangkan oleh Linus Benedict Torvalds, seseorang yang berkebangsaan Finlandia pada tahun 1991.

Setelah mengambangkan dalam kurun waktu 4 tahun, akhirnya Linux 1.0 dirilis pada tahun 1994.

Linux merupakan sistem operasi Open Source atau Sistem operasi Bebas terbesar di dunia. Karena berbasis Open Source, linux dapat dimodifikasi dan sebarkan bebas oleh siapa pun.

Selain ketiga jenis sistem operasi diatas, berikut bebera jenis sistem operasi lainnya :

  • MacOS
  • Solaris
  • IBM
  • Chrome OS

Demikian pengertian Sistem Operasi, Fungsi Sistem Operasi serta Contoh dari Sistem Operasi. Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi sobat. 🙂 See You Next Time..

Loading...

2 thoughts on “Pengertian Sistem Operasi, Fungsi dan Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *