Pengertian Verifikasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Posted on

Pengertian Verifikasi –¬†Verifikasi dalam bahasa Inggris adalah verifikation dan dalam bahasa Yunani verivicare berasal dari verus (benar) dan facere (membuat).

Pengertian Verifikasi

Loading...

Pengertian Verifikasi

Verifikasi adalah Proses menentukan kebenaran dari suatu pernyataan dengan menggunakan sebuah metode yang empirik.

Pengujian ilmiah untuk suatu pernyataan atau proposisi untuk memastikan suatu kebenaran.

Konfirmasi suatu pernyataan, proporsi, atau teori.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia verifikasi merupakan pemeriksaan tentang kebenaran laporan, pernyataan, perhitungan uang dan lain sebagainya.

Pengertian verifikasi data adalah pembentukan kebenaran suatu teori, atau fakta atas data yang dikumpulkan.

Pada verifikasi data biasanya data yang dikumpulkan akan diolah dan kemudian dianalisis agar dapat diuji secara hipotesis. Hipotesis kemudian diuji menggunakan fakta empirik agar mendapatkan jawaban yang benar secara ilmiah.

Pengertian verifikasi dalam filsafat adalah suatu teori filsafat positif yang logis untuk memilih dan menyatakan bahwa pengalaman merupakan suatu sumber dasar pengetahuan.

Baca juga : Pengertian Jurnal Umum, Tujuan, Fungsi & Contohnya

Dari berbagai penjelasan diatas Sumberpengertian.id menyimpulkan pengertian verifikasi adalah pemeriksaan terkait kebenaran suatu pernyataan atau data yang diuji menggunakan metode empiris.

Contoh Verifikasi

Seperti kesimpulan yang kami tulis diatas, verifikasi merupakan pemeriksaan terkait dengan kebenaran data maupun pernyataan.

Contoh Verifikasi Data Siswa

Pada tahun ajaran baru, seorang calon siswa harus membawa persyaratan seperti fotocopy SKHU, Kartu Keluarga (KK), Akta kelahiran dan lain sebagainya. Melalui data persyaratan tersebut panitia akan melakukan verifikasi.

Contoh Verifikasi Akun Email / WA / Instagram

Media sosial saat ini menjadi sebuah kebutuhan, hampir semua orang memiliki media sosial seperti WA, Instagram, Facebook, dll.

Dalam pembuatan akun tersebut, tidak lepas dari proses verifikasi.

Proses tersebut akan berjalan setelah Anda selesai mengisi berbagai data yang dibutuhkan. Selanjutnya pihak media sosial (wa, instagram, facebook, dll) akan mengirimkan link atau kode verifikasi untuk mengkonfirmasi data.

Apabila link atau kode verifikasi tersebut diabaikan, akun yang Anda belum bisa digunakan dengan kata lain masih terkunci.

Semoga informasi mengenai pengetian verifikasi ini dapat menambah wawasan pengetahuan anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *