Cara Tes Kehamilan Menggunakan Testpack yang Benar

Halo bunda, kali ini saya ingin membagikan pengalaman melakukan tes kehamilan menggunakan Testpack.

Mungkin ini hal yang sepele, namun semoga bermanfaat untuk calon bunda-bunda yang belum pernah melakukanya.

Hamil merupakan sebauh hal yang di idam-idamkan bagi pasangan muda seperti saya.

Namun pada masa tersebut masih banyak hal yang belum saya ketahui, sehingga saya memutuskan untuk berkonsultasi dengan bidan terdekat dan mencari referensi secara online.

Nah, salah satu situs yang setiap hari saya kunjungi yaitu situs Halodoc.com. Kenapa? karena ada banyak sekali materi bermanfaat yang sudah dibagikan secara gratis oleh para dokter.

Informasi yang dibagikanpun sangat beragam baik secara umum yakni tentang kesehatan anak dan keluarga, yang sedang viral tentang virus corona atau covid-19 dan juga seputar kehamilan seperti tanda tanda hamil, manfaat meditasi untuk Ibu hamil, hingga pembahasan tentang dosis aman Vitamin C untuk Ibu Hamil.

Jadi untuk bunda-bunda yang ingin update soal kesehatan, langsung saja kunjungi situs Halodoc.com.

Baiklah, kembali soal tes kehamilan. Untuk mengetahui apakah ibu muda seperti saya ini benar-benar hamil atau tidak, maka harus menggunakan test pack dengan benar.

Apabila penggunaan test pack tidak benar maka hasilnya tidak akurat. Nah untuk calon ibu yang penasaran bagaimana cara menggunakan tespek yang benar yuk langsung saja kita ulas selengkapnya ya !

Tes Kehamilan dengan TestPack
Sumber : okezone.com

Cara Tes Kehamilan Menggunakan Testpack yang Benar

1. Pastikan kondisi Testpack Masih Baik dan Tidak Kadaluarsa

Ketika membeli testpack di apotik maupun di supermarket pastikan untuk melihat tanggal kadaluarsa produk supaya hasilnya benar dan akurat. Apabila testpack sudah kadaluarsa sebaiknya jangan dibeli.

Selain memilih testpack yang tidak kadaluarsa pilihlah juga yang memiliki sensitifitas tinggi. Semakin sensitif testpack yang kita gunakan maka semakin akurat pula hasil yang kita dapatkan.

2. Kenali Waktu Tepat Menggunakan Testpack

Biasanya calon ibu muda sangat penasaran dan ingin cepat-cepat melakukan tes kehamilan dikarenakan sangat mengidam-idamkan buah hati pertama.

Padahal waktu test kehamilan sangatlah berpengaruh pada hasilnya. Apabila langsung melakukan test setelah beberapa hari berhubungan intim biasanya hasilnya negatif dikarenakan kadar hormon hCG belum dihasilkan atau masih sangat rendah.

Jadi waktu yang tepat melakukan tes kehamilan adalah setelah 1-2 minggu terlambat haid atau setelah berhubungan intim. Jadi setelah melakukan testpack hasilnya positif biasanya umur kehamilan diperkirakan sekitar  minggu.

Pastikan pula untuk melakukan tes kehamilan pada pagi hari setelah bangun tidur. Hal ini dikarenakan ketika siang hari ketika bunda sudah banyak minum mengakibatkan hormon hCG sulit terdeteksi.

3. Gunakan Testpack dengan Cara yang Direkomendasikan

Sebelum melakukan test kehamilan bacalah terlebih dahulu petunjuk penggunaan. Masing-masing jenis testpack memiliki petunjuk penggunaan yang berbeda-beda. Berikut 3 jenis testpack yang umum digunakan :

  • Testpack strip

Testpack strip merupakan suatu alat deteksi kehamilan berupa strip plastik. Cara pengunaanya adalah celupkan strip ke dalam wadah berisi urine selama 5-10 detik.

  • Pregnancy cassette test

Alat kedua yang umum digunakan adalah regnancy cassette test yakni alat tes kehamilan berupa stick yang digunakan dengan cara meneteskan urine pada alat tersebut.

Caranya adalah tampung urine dalam wadah yang bersih, kemudian sedot urine menggunakan pipet yang telah disediakan pada kemasan. Setelah itu, teteskan urine di atas penampungan urine pada stick.

  • Testpack digital

Test pack digital merupakan alat yang berbentuk seperti stick dengan ujungnya yang dapat dipasang strip untuk menyerap urine. Cara penggunaanya hampir sama seperti testpack strip. Kelebihannya, pemakaian test pack ini bisa berulang dengan cara mengganti strip di dalamnya.

Secara umum setelah bunda mencelupkan atau meneteskan urine pada alat test pack. Maka bunda harus menunggu beberapa saat sesuai dengan waktu yang tertulis pada kemasan produk. Biasanya, untuk mendapatkan hasil yang akurat dibutuhkan waktu hingga 10 menit setelah meneteskan atau mencelupkan urine ke alat tersebut.

Masing-masin test pack memiliki indikator hasil berbeda diantaranya adalah satu atau dua garis, simbol (+) atau (-), hingga kata “Hamil” atau “Tidak Hamil”. Kemudian jika tidak muncul garis, tanda, atau tulisan apapun setelah melakukan tes, berarti ada kesalahan saat menggunakan test pack dan Anda perlu melakukan tes ulang.

Yang harus kita ketahui bahwa setiap jenis test pack memiliki tingkat sensitivitas berbeda-beda terhadap hormon hCG. Oleh karena itu apabila pada satu jenis test pack hasilnya masih membuat Anda ragu, maka ada baiknya untuk mencoba lagi dengan test pack jenis lain.

Kemudian apabila bunda mengalami gejala atau tanda awal kehamilan, namun hasil test pack menunjukkan negatif,  Bunda dapat melakukan tes ulang 3-5 hari setelahnya. Bunda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan, merokok, dan konsumsi minuman beralkohol, hingga mendapatkan kepastian Anda hamil atau tidak.

Selanjutnya jika hasil test pack menunjukkan tanda positif, Bunda dapat menunjukkan hasil tersebut ke bidan atau dokter agar kehamilan bisa dipastikan dengan USG dan Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kehamilan lain seperti tes darah.

Demikian informsi yang dapat saya bagikan. Semoga pengalaman dan pengetahuan saya ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *