Jenis Usaha yang Cocok untuk Anak Muda Jaman Sekarang

Menggeluti bidang usaha untuk sekarang ini menjadi idaman banyak sekali orang karena apabila kita memiliki usaha sendiri tidak akan kerepotan dengan masalah jam kerja, masalah waktu, masalah karayawan karena kita yang memiliki usaha tersebut.

Pada zaman sekarang ini anak muda juga tidak mau kalah dengan orang dewasa, karena banyak sekali anak muda yang sudah membuka usaha sendiri dan dapat menghasilkan pundi-pundi uang yang cukup banyak dan menjadikannya sukses ketika masih muda, siapa yang tidak mau bukan ?

Tapi terkadang kita yang masih muda ini bingun ingin membuka usaha apa karena usaha-usaha yang kita kenal memerlukan budget yang tidak sedikit, dan kita yang masih muda ini terkadang tidak memiliki modal sebesar orang dewasa untuk membuka usaha.

Maka dengan itu kami akan membantu kamu dalam mencari bidang usaha yang cocok untuk anak muda, maka simak artikel ini sampai habis.

Jenis Usaha yang Cocok untuk Anak Muda

1. Fotografi

Fotografi

Bidang yang pertama ini sangatlah cocok bagi kamu yang masih muda karena biasanya anak muda suka sekali dengan dunia foto-foto, dan apabila kamu bisa mengoperasikan kamera DSLR dengan baik.

Maka bidang ini bisa kamu gunakan untuk usaha seperti membuka foto untuk prewedding, foto pernikahan, foto keindahan alam, foto model, foto produk. Dan juga kamu dapat menjual foto-foto yang sekiranya kamu indah di situs jual foto seperti Shutterstock.com, Fotolia.com, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Usaha Pakaian

Usaha Pakaian

Dengan banyakanya brand fashion saat ini dan kebanyakan dijalankan oleh anak-anak muda maka kamu juga pastinya bisa menjalani usaha yang satu ini. Dengan berjualan produk pakaian seperti T-shirt, jeans, jaket, dan lainnya kamu bisa mengumpulkan pundi-pundi uang yang cukup banyak.

Dan apabila kamu memiliki kretifitas yang cukup banyak maka kamu bisa membuatkan desain khusus yang hanya tersedia di brand kamu yang akan membuat pembeli menjadikannya tertarik untuk membelinya.

Sekarang ini pula banyak sekali festival-festival pakaian yang dapat kamu ikuti dengan membawa brand yang sudah kamu buat ke tempat tesebut, festival tersebut seperti JakCloth.

3. Menjadi Seorang Freelancer

Freelancer

Bagi kamu yang ingin berkerja dengan cara duduk dirumah saja bisa dilakukan dengan santai dan tidak terburu-buru, tapi dengan menjadi seorang freelancer kamu harus memiliki kemampuan khusus dibidangnya seperti edit foto, edit video, bermain alat music, dan masih banyak lainnya.

Sudah banyak sekali anak muda sekarang yang memutuskan menjadi seorang Freelancer dan bisanya yang memesan jasa mereka adalah orang-orang yang berada di luar negeri sehingga pendapatan yang ia dapat cukuplah besar dibandingkan kerja biasa.

Pendapatan seorang Freelancer biasanya perhari bisa mencapai 100$. Dan sekarang ini sudah banyak sekali media pendukung bagi kamu yang ingin menjadi seorang Freelancer seperti situs-situs yang disediakan seperti Fiverr, Upwork, Toptal, Simply Hired, dan masih banyak situs lainnya.

4. Menjadi Seorang Blogger

Blogger

Apabila kamu memiliki hobby menulis kamu bisa menggeluti profesi satu ini dengan menjadi seorang Blogger yang handal, apabila kamu memiliki keahlian disuatu bidang kamu bisa menuliskannya di website atau blog kamu agar dibaca oleh banyak orang dan itu bisa mendapatkan uang yang bisa dibilang tidak sedikit dengan satu syarat kamu mendaftarkan blog tersebut ke layanan penyedia iklan seperti Google Adsense.

Dan juga apabila kamu menekuni bisnis online yang satu ini bukan tidak mungkin akan membuat kamu memiliki banyak sekali followers dan akan membuat penghasilan ganda seperti mendapatkan Endorse di akun media social.

Menjadi seorang Blogger juga akan meningkatkan kemampuan berfikir kamu, dan menambah wawasan kamu menjadi lebih luas karena rajin membaca artikel-artikel orang lain juga.

5. Toko Online

Toko Online

Banyak sekali anak muda yang memulai bisnis atau usaha ini dan menjadikannya sukses ketika masih muda, kamu bisa menjual apasaja di toko online tersebut seperti menjual baju, alat-alat make up, alat-alat ekektronik, dan bahkan peralatan yang mahal sekalipun kamu dapat menjualnya di berbagai toko online.

Toko Online atau Online Shop di Indoensia sendiri sudah banyak sekali seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee, OLX, dan juga toko online luar negeri juga sudah ada di Indonesia.

Apabila kamu tidak memiliki barang yang ingin dijual tapi kamu ingin menjadi penjual di toko online maka kamu bisa menggeluti bidang Dropshipper. Dropshipper yaitu kamu menjual barang miliki orang lain tapi kamu harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari orang yang ingin kamu jual barangnya.

6. Web Design

Web Design

Bagi kamu yang pandai dalam mendesain website maka usaha yang satu ini sangatlah cocok. Di zaman yang modern kali ini semua hal serba online maka banyak perintis usaha lainnya membutuhkan seorang web designer untuk mendesain bagaimana tampilan yang akan dibuat untuk dijadikan menjadi berbentuk website.

Yang kamu perlukan hanya kreativitas yang besar karena client pastinya ingin mendapatkan design website yang paling bagus yang membuatnya senang dan usaha dia menjadi berkembang di bidang online, bisanya yang sering menyewa jasa ini adalah seorang usaha dibidang pakaian atau bidang yang berjualan via online.

Kamu bisa mendapatkan Client dari aplikasi-aplikasi atau situs-situs Freelancer seperti Fiverr, Upwork, sribulancer, dan lainnya. Di Situs itu kamu bisa mendapatkan Client dari luar negeri yang akan membayar kamu lebih mahal lagi untuk setiap designnya.

7. Web Development

Web Development

Web Development adalah sebuah bidang yang berkesinambungan dengan Web Design bedanya adalah Web Development akan mengembangkan fitur-fitur penunjang apa saja yang akan disediakan di website kamu yang menjadikannya menarik untuk dipandang dan mudah untuk digunakan.

Biasanya bidang ini memerlukan pendapat dari beberapa pengguna dari website tersebut agar semakin berkembang yang akhirnya akan menjadi website yang menarik dan mudah dipahami dari pengguna baru yang berkunjung ke website tersebut.

Keahlian yang kamu butuhkan untuk dibidang ini adalah Bahasa pemograman karena nantinya kamu akan mengcoding website tersebut dengan berbagai macam Bahasa pemograman seperti PHP, JavaScript, dan lainnya. Dan kamu juga wajib bisa dan tau tatacara menggunakan Bahasa pemograman Ruby, Python, dan lainnya.

8. Kuliner

Kuliner

Usaha kuliner sangat dimanti oleh para anak muda karena tidak membutuhkan modal yang cukup besar melainkan membutuhkan skill memasak yang cukup untuk membuat masakan yang disukai mulai dari anak kecil hingga orang biasa yang membuat usaha makanan kamu menjadi laris manis dibeli banyak orang.

Kamu juga harus belajar bagaimana menyajikan makanan yang unik yang membuat pembeli menjadi tertarik membelinya lagi dikemudian hari, karena biasanya anak muda yang membelinya akan melihat dari tampilan makanan tersebut.

Apabila menarik maka anak muda yang membeli tersebut akan membagikannya di media social yang akan menjadikannya media promosi gratis yang membuat usaha kuliner kamu menjadi sangat besar.

9. Jasa Menulis

Jasa Menulis

Apabila kamu ingin menggeluti usaha yang satu ini kamu memerlukan cara mengetik yang cukup cepat, dan juga pastinya rapih dan enak utnuk dibaca banyak orang. Jasa menulis sekarang ini banyak sekali digunakan karena memudahkan banyak orang.

Biasanya yang menggunakan adalah untuk menulis tugas, menulis undangan, menulis berita dan masih banyak lagi lainnya. Apabila kamu ingin menuliskan hasil tulisan kamu di berita maka kamu wajib memiliki wawasan yang luas.

Banyak sekali website berita yang bisa kamu gunakan untuk mencari uang seperti Babe, JalanTikus, UCNews, Vebma, Basabasi, dan lain-lain. Pasitkan lagi apabila kamu menulis disitus tersebut yang kamu tuliskan berita yang sebenarnya.

10. Cafe kecil

Cafe kecil

Di zaman millenial ini cafe menjadi primadona bagi setiap anak muda untuk menghabiskan waktu malamnya untuk mengobrol dengan teman-teman dengan meminum secangkir kopi hangat, banyak sekali cafe-cafe yang sekarang ini berdiri dan biasanya sangat ramai disini oleh anak-anak muda, apalagi kalau dimalam minggu.

Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk mendirikan cafe kecil-kecilan dengan modal yang tidak terlalu besar, asalkan kamu memiliki kemampuan untuk meracik sebuah kopi yang lezat agar disukai kebanyakan orang.

11. Les Privat

Jasa atau usaha yang satu ini cocok bagi kamu yang memiliki kepintaran lebih dari orang lain dan memiliki kemampuan mengajar agar orang mudah memahami apa yang sedang kamu jelaskan padanya. Jika kamu mempunyai kemampuan itu sangatlah cocok untuk memulai usaha ini dengan dimulai dari tetangga-tetangga terdekat.

12. Social Media Marketing

Indonesia merupakan salah satu pengguna media social tersbesar didunia. Jadi dengan menggunakan Social Media kamu dapat memanfaatkannya untuk membesarkan brand-brand kamu, namun kamu harus memiliki kemampuan khusus untuk menyebarkan brand kamu melalui.

Jika kamu memiliki kemampuan tersebut maka kamu boleh membuka sebuah jasa Social Media Marketing, dengan ini kamu bisa membuat Social Media dari Client menjadi menarik dan menarik banyak sekali pembeli, dan memasarkannya melalui Soacial media yang kamu gunakan.

13. Desain Grafis

Usaha ini cocok sekali bagi kamu yang mahir dalam menggunakan aplikasi-aplikasi desain seperti Illustrator, Corel Draw, dan Photoshop. Apabila kamu mahir menggunakan berbagai macam alat tersebut maka kamu bisa membuka jasa ini dan mendapatkan pundi-pundi uang.

Biasanya banyak sekali yang memesan untuk dibuatkan desain poster, promo suatu brand, sebuah logo dari perusahaan, dan masih banyak lainnya, dan untuk membuat satu desain tersebut tidaklah mudah.

Dan kamu juga bisa melebarkan jasa kamu sampi keluar negeri dengan bergabung di situs-situs Freelance seperti Fiverr, Upwork, Sribulancer, dan masih banyak lagi lainnya.

14. Usaha Camilan

Usaha camilan sangat ini sangat di gandrungi bagi sebagian anak muda karena mudah pembuatannya, modal tidak terlalu besar dan juga mudah dalam pemasarannya, dengan menggunakan media social kamu sudah bisa mulai memasarkannya media social yang mendukung untuk menjual makanan adalah Instagram dan juga Facebook.

15. Usaha Pakaian Perempuan

Usaha Online yang Cocok untuk Anak Muda yang terakhir adalah usaha menjual pakaian perempuan, pakaian menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting, dan dijaman sekarang ini pakaian yang bagus menjadi keharusan karena kita dapat menggunakannya ke tempat nikah, jalan-jalan dan masih banyak lagi lainnya.

Kamu dapat memanfaatkan media social untuk pemasarannya seperti WhatsApp Bisnis, Instagram, dan juga Facebook. Khusus di Instagram dan juga Facebook kamu bisa menggunakan fitur Ads untuk memasarkan produk kamu menjadi lebih luas lagi jangkauannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *