Pengertian E-Mail

Pengertian E-Mail, Jenis, Manfaat dan Komponennya – Seiring dengan kemajuan teknologi dan komunikasi membuat e-mail sering digunakan. Saat ini bahkan hampir semua kegiatan yang ada di internet menggunakan e-mail sebagai syarat registrasi. Nah pada kesempatan ini admin akan membagikan informasi terkait Pengertian e-mail.

Pengertian E-Mail

Pengertian E-Mail

Pengertian E-mail adalah salah satu jenis layanan internet yang dapat digunakan untuk berkirim surat secara elektronik.

E-mail merupakan singkatan dari elektronik mail atau disebut juga dengan surat elektronik.

Dengan kata lain e-mail merupakan surat dengan sistem elektonik sebagai sarana menerima dan mengirim surat melalui jalur Internet.

Baca juga : Pengertian Download dan Upload

Jenis-jenis e-mail

POP Mail atau Post Office Protocol

POP Mail atau Post Office Protocol merupakan sebuah sistem dari e-mail yang mana Anda bisa menerima email dengan melalui Internet service yang disedikan dari Provider yang Anda gunakan.

Biasanya POP Mail atau Post Office Protocol diberikan oleh layanan provider internet.

Webmail

Web Mail atau yang disebut dengan Web based e-mail adalah layanan email yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim email, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan email dimaksud.

E-mail Forwarding

Email forwarding merupakan layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang di terimanya ke alamat e-mail yang lain.

Manfaat e-mail

Elektronik mail memiliki banyak manfaat terutama dalam dunia kerja dan bisnis karena berfungsi sebagai alat komunikasi yang cepat, murah dan efisien. Selain itu terdapat beberapa fungsi serta manfaat e-mail diantaranya :

  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai media pengiriman dan penerima data
  • Sebagai media informasi
  • Sebagai media promosi
  • Sebagai sarana resgistrasi SNS ataupun akun blog dan website lainnya
  • Mengefisiensi waktu dan menghemat biaya.

Baca juga : Pengertian RAM, Jenis dan Fungsinya

Komponen Email

E-mail terdiri atas dua bagian yakni  di sebelah kiri tanda @ disebut user id yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, dan lain sebagainya.

Untuk bagan kedua atau teks setelah lambang @ (contoh: ymail.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.

Demikian penjelasan terkait pengertian e-mail, jenis-jenis e-mail, manfaat e-mail serta komponennya. Semoga informasi yang Sumberpengertian.id berikan ini dapat bermanfat bagi sobat. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *