Pengertian PIC dalam Perusahaan, Contoh dan Syaratnya!

Posted on

Istilah PIC dalam perusahaan sering kali kita dengar karena sangat erat kaitannya dengan manajemen perkantoran. Apa pengertian PIC? Apa tugas PIC dalam dunia perkantoran? Apa arti PIC dalam Bahasa Inggris dan Bagaimana contoh PIC untuk pekerja kantor? Yuk langsung simak saja ulasan selengkapnya.

Pengertian PIC dalam Perusahaan

Loading...

Pengertian PIC

Pengertian PIC atau Person In Charge adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan siapa orang yang bertangung jawab menangani hal tertentu di dalam kantor.

Tugas dan tanggung jawab PIC diberikan oleh atasan. Contohnya adalah manajer atau kepala divisi menunjuk bawahannya yang dianggap berkompeten dalam menangani tugas yang telah di sebutkan.

Tugas yang dimaksud dapat bersifat jangka panjang maupun jangka pendek. Dan dalam waktu tertentu, orang yang diberikan tanggung jawab di PIC Perlu membuat laporan kepada atasannya terkait perkembangan tugas yang diembannya. Karena itu, posisi PIC ini penting dalam kegiatan administrasi perusahaan.

Contoh PIC dalam Perusahaan

Contohnya PIC dalam perusahaan adalah seorang Kepala Divisi Marketing atau Pemasaran memberikan PIC kepada dua koordinator tim marketing untuk melakukan sebuah tugas khusus. Tugas yang telah di sebutkan berkaitan yang dengannya pemasaran produk terbaru yang akan segera dirilis secara resmi.

Jadi, kedua koordinator yang telah di sebutkan diberikan tugas untuk mengkondisikan agar masyarakat luas makin penasaran yang dengannya produk terbaru itu. Berbagai cara pemasaran bisa di lakukan baik di dunia nyata maupun dunia maya/internet social media.

Kemudian dalam prosesnya, koordinator marketing pun mempunyai beberapa anak buah yang diberikan tugas semisal yang diperintahkan oleh kepala divisi. Mereka adalah karyawan kecil, menjadikan mau tak mau harus melakukan tugas di lapangan langsung sesuai yang diperintahkan.

Selanjutnya setiap seminggu sekali, seluruh anggota tim marketing berkumpul untuk mengevaluasi serta melakukan perencanaan selanjutnya. Hasil dari evaluasi mingguan yang telah di sebutkan pun akan dilaporkan kepada kepala divisi oleh koordinator marketing.

Seorang PIC menjadi sosok penyelamat dalam kegiatan perusahaan. Tidak heran, banyak juga orang yang ingin menduduki posisi PIC. Akan tetapi, posisi PIC ini merupakan tugas yang penting dan membutuhkan tanggung jawab ekstra. Artinya seseorang yang ditunjuk untuk bertanggung jawab atas tugas yang diberikan.

PIC tersebut dapat menjalankan tugas langsung sebagai ketua atau koordinator suatu pekerjaan ataupun mendelegasikan kepada orang lain tanpa melepaskan diri dari tanggung jawab atas pekerjaan tersebut.

Banyak juga orang yang ingin menduduki posisi PIC dalam perusahaan karena posisi PIC ini penting dalam kegiatan administrasi perusahaan. PIC adalah istilah yang digunakan untuk orang yang bertanggung jawab menangani hal-hal tertentu. Namun seseorang yang ingin menduduki posisi PIC harus memperhatikan syarat-syarat tertentu.

Syarat-syarat Menjadi PIC

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh PIC adalah :

Harus memiliki skill/keahlian tertentu

Hal ini dikarenakan seorang PIC digaji untuk menangani hal yang penting dalam aktivitas perusahaan.

Memiliki anggung jawab ekstra dalam pekerjaanya

Karena seseorang yang ditunjuk sebagai PIC memiliki kelebihan dan keahlian dibandingkan karyawan lainnya sudah tentu seorang PIC dalam perusahaan memiliki tanggung jawab moral atas keahliannya. Sehingga ia memiliki tanggung jawab ekstra atas tugas yang diberikan.

Memiliki kekuatan mental yang sangat besar

Karena dihadapkan dengan tugas penting dan memikul tanggung jawab ekstra, PIC harus memiliki mental yang kuat, tidak mudah menyerah, dapat bekerja sama dalam tim maupun individu, serta tahan dibawah tekanan kerja yang diberikan.

Memiliki kekuatan mental, orang yang mudah stres karena tekanan kerja tidak dianjurkan menduduki posisi sebagai PIC dalam sebuah perusahaan.

Karena memiliki tugas penting dan membutuhkan tanggung jawab dan kinerja yang besar maka PIC harus memenuhi syarat-syarat tersebut . Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa pengertian PIC adalah seseorang yang ditunjuk akan tugas-tugas tertentu baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Baca juga :

Demikian informasi tentang PIC, syarat-syarat menjadi PIC serta contohnya dalam dunia perkantoran. Semoga informasi yang telah kami sajikan ini membawa manfaat baik bagi para pembaca maupun bagi penulis sendiri. Terimakasih terlah mengunjungi Sumberpengertian.id Sampai jumpa esok hari :*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *