Pengertian Sepak Bola Lengkap ( Sejarah, Teknik, Lapangan, Lama Permainan Sepak Bola) !

Posted on

Selamat malam sobat pengertian, jumpa lagi bersama mimin yang kali ini akan membagikan informasi mengenai pengertian sepak bola. Siapa yang tak kenal dengan permainan yang satu ini, pasti kalian mengenalnya bukan ? Langsung saja ya simak artikelnya berikut ini agar kalian tambah paham yaa.

Pengertian Sepak Bola dan Teknik Sepakbola

Loading...

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Sepak Bola berasal dari dua kata yaitu “Sepa”dan “Bola”. Sepak artinya menendang (menggunakan kaki) sedangkan “bola” adalah alat permainan yang berbentuk bulat berbahan karet, kulit atau sejenisnya. Dalam permainan sepak bola, sebuah bola disepak atau tendang oleh para pemain kian kemari.

Tujuan dari permainan sepak bola adalah memasukan bola ke gawang lawan. Tim yang berhasil mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan menjadi pemenangnya.

Sejarah Singkat Sepak Bola

Permainan sepakbola sudah dimulai sejak masa Dinasti Han, yaitu pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi di Tiongkok. Pada masa tersebut, masyarakat menggiring bola kulit lalu menendangnya ke jaring kecil. Permainan yang sama juga populer di Jepang dengan sebutan Kemari.

Permainan sepak bola modern juga berkembang dan digemari di Inggris. Karena dalam beberapa perlombaan terjadi banyak kekerasan sehingga pada tahun 1365 Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan. Larang tersebut mendapat dukungan dari Raja James I, Skotlandia.

Perkembangan besar terjadi pada tahun 1815, permainan sepakbola terkenal di lingkungan sekolah dan universitas. Namun titik balik kelahiran sepak bola modern terjadi pada tahun 1863. Saat itu 11 sekolah dan club berkumpul di Freemasons Tavern untuk merumuskan aturan baku permainan sepakbola. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer).

Dan pada tahun yang sama, tepatnya 26 Oktober 1863 dibentuklah organisasi sepak bola pertama di Inggris yang bernama Football Association (FA).

Sejak saat itu permainan sepak bola terus berkembang dari segi peraturan. Berikut peristiwa penting dalam permainan sepakbola hingga saat ini :

  • Federasi sepakbola dunia, FIFA, didirikan pada tanggal 21 Mei 1904 di Paris.
  • 1900 – Sepakbola pertama kalinya diadakan di Olimpiade.
  • 1930 – Piala dunia pertama diadakan di Uruguay dengan pemenangnya adalah sang tuan rumah.
  • 1954 – Formasi W-M (mirip formasi false nine 4-3-3 Spanyol) pertama kali populer.
  • 1974 – Sepakbola modern gaya total football diperkenalkan Belanda di Piala Dunia 74.
  • 1982 – Kontestan piala dunia bertambah dari 16 ke 24 tim
  • 1984 – Olimpiade pertama kalinya memperbolehkan pemain pro tampil.
  • 1991 – Piala dunia sepakbola putri pertama kali diadakan.
  • 1998 – Kontestan piala dunia bertambah lagi dari 24 ke 32 tim
  • 2002 – Turnamen sepakbola pertama diadakan di dua negara (Jepang-Korea)
  • 2014 – Sepakbola memperkenalkan jeda timeout di Piala Dunia 2014 Brasil
  • 2016 – Penggunaan wasit ke empat pertama kali digunakan di Euro 2016.
  • 2017 – Sepakbola menggunakan teknologi video analysis untuk setiap momen penting yang rawan kontroversi di Piala Konfederasi 2017.

Pemain Sepak Bola

Dalam satu regu pemain sepak bola berjumlah 11 orang. Adapun tugas dari setiap pemain adalah sebagai berikut.

  • 1 orang penjaga gawang adalah satu-satunya pemain dalam sebuah tim yang boleh menggunakan tangan untuk menghalangi bola menuju gawang dari serangan tim lawan.
  • 2-4 orang pemain bertahan (back) memiliki tugas utama untuk menghalangi dan menutup pergerakan tim lawan.
  • 2-5 orang pemain tengah (gelandang/playmaker) Tugas utama dari pemain tengah adalah mengatur tempo permainan dan menjadi penyokong peran bek dan striker dalam tim.
  •  1-3 orang penyerang (striker) memiliki tugas utama untuk mencetak gol ke gawang lawan.
  • Ada pula pemain sayap (winger) yang bertugas di sisi kanan atau kiri lapangan.
  • Kapten tim yaitu jabatan seseorang yang terpilih di antara para pemain yang bertugas memimpin dan mengoordinasi para pemain agar bermain secara tim di lapangan.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Ukuran lapangan yang digunakan untuk pertandingan internasional dewasa, memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Di bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter.

Di bagian depan dari gawang terdapat area penalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang. Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan penalti atau tidak.

Lama Permainan

Lama permainan sepak bola normal adalah 2 × 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak.

Baca Juga : Ananiah, Ghabab, Hasad, Ghibah, Namimah dan Dampaknya Dalam Kehidupan

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

1. Teknik menendang bola

Teknik menendang bola yaitu teknik menyentuh atau mendorong bola menggunakan kaki. Teknik menendang bola di bagi menjadi 3 bagian, yakni sebagai berikut.

2. Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam.

Berikut ini langkah-langkah untuk menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, yaitu sebagai berikut.

  • Berdiri dengan sikap melangkah, satu kaki di depan dan kaki lainnya di belakang, kaki yang depan berada di samping bola dan sekaligus sebagai kaki tumpu.
  • Badan berdiri agak tegak, angkat kaki belakang sebagai kaki yang digunakan untuk menendang bola dengan posis pergelangan kaki diputar ke arah luar.
  • Selanjutnya tendang bola dengan sentuhan kaki bagian dalam, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam

3. Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar

Berikut ini teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar adalah sebagai berikut.

  • Berdiri dengan sikap melangkah, satu kaki di depan dan kaki lainnya di belakang, kaki yang depan berada di samping bola dan sekaligus sebagai kaki tumpu.
  • Badan berdiri agak tegak, angkat kaki belakang sebagai kaki yang digunakan untuk menendang bola dengan posisi pergelangan kaki diputar ke arah dalam.
  • Selanjutnya tentang bola dengan sentuhan kaki bagian luar, untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut:

Teknik sepak bola menggunakan kaki bagian luar

4. Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian punggung

Berikut ini teknik menendang bola menggunakan kai bagian punggung adalah sebagai berikut.

  • Sikap badan dibelakang bola dan agak condong ke depan, salah satu kaki didepan sebagai kaki tumpu dan menghadap ke sasaran dengan lutut sedikit ditekuk.
  • Kaki tendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap bola, lalu ayunka ke depan sehingga mengenai bola tepat pada punggung kaki, sedangkan perkenaan terhadap bola berada ditengah-tengah.
  • Selanjutnya gerakan kaki mengikuti arah lepasnya bola, untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut:

Teknik sepak bola dengan kaki bagian punggung

5. Teknik Menghentikan Bola

Teknik menghentikan bola yaitu sikap dan gerakan untuk menahan atau menghentikan bola yang datang ke arah kita. Berikut ini beberapa macam teknik menghentikan bola yakni :

  • Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam.
  • Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar.
  • Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian punggung.
  • Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian telapak/sol sepatu.
  • Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian paha.
  • Teknik menghentikan bola menggunakan dada dan perut.

6. Teknik Menggiring Bola

Menggiring bola adalah mendorong bola atau menentang bola ke depan secara pelan dengan variasi ke samping sambil berlari sehingga bola bergulir di tanah dan tetap dalam penguasaan pemain.

Teknik menggiring bola dapat dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan kaki bagian punggung baik menggunakan kaki kanan, kaki kiri, atau kaki kanan dan kiri secara bergantian.

7. Teknik Menyundul Bola

Menyundul bola yaitu gerakan mendorong bola menggunakan kepala khususnya bagian dahi, gerakan ini dilakukan jika bola berada di udara atau melayang. Berikut ini contoh gambar pemaian sedang melakukan menyundul bola.

Teknik menyundul bola

Baca Juga : Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Lengkap !

Demikian yang dapat mimin sampaikan. Semoga bermanfaat yaa sobat pengertian. Jangan lupa ikuti terus kami di Sumberpengertian.id. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *