Selamat pagi sobat, bagi sobat yang berkuliah atau pernah mengikuti mata kuliah manajemen tentu sudah tidak asing dengan istilah atau pengertian 5 m dalam manajemen. Pada kesempatan yang baik ini mimin akan membagikan pembahasan tersebut khususnya bagi sobat yang belum faham akan istilah ini. Jadi apa sih pengertian 5 m dalam manajemen ? Yuk langsung saja kita simak artikel selengkapnya.
Pengertian 5 m Dalam Manajemen
Pengertian 5M adalah istilah yang merujuk pada faktor produksi utama yang dibutuhkan oleh suatu organisasi agar dapat beroperasi secara maksimal. Istilah ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Model 5 M.
Model 5 M
Berikut adalah isi model dari 5 M :
1. Man (Manusia)
Man atau manusia merupakan model 5 m yang merujuk pada manusia sebagai tenaga kerja.
2. Machines (Mesin)
Machines atau mesin merujuk pada mesin sebagai fasilitas/alat penunjang kegiatan perusahaan baik operasional maupun nonoprasional.
3. Money (Uang/Modal)
Uang dalam hal ini adalah merujuk pada uang sebagai modal untuk pembiayaan seluruh kegiatan perusahaan.
4. Method (Metode/Prosedur)
Yang keempat adalah method atau prosedur yang merujuk pada metode/prosedur sebagai panduan pelaksanaan kegiatan perusahaan.
5. Materials (Bahan baku)
Dan yang terakhir adalah material atau bahan baku yakni merujuk pada bahan baku sebagai unsur utama untuk diolah sampai menjadi produk akhir untuk diserahkan pada konsumen.
Baca juga : Pengertian Pertumbuhan Penduduk | Kelahiran, Kematian, dan Migrasi
Inilah informasi lengkap dan singkat tentang pengertian 5 M dalam Manajemen. Semoga artikel ini dapat memperluas wawasan sobat yaa 🙂 Jangan lupa untuk terus menyimak artikel pendidikan lainnya di Sumberpengertian.ID karena kami akan terus menyajikan informasi penting dan terbaru yang wajib anda ketahui. See You Later !